Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang memilki beban Extranoeus Cognitive Load, Extraneous Cognitive Load merupakan salah satu komponen dari Cognitive Load, Extraneous Cognitive Load dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan dapat dilihat dari aktivitas belajar yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa dan hubungannya dengan Extraneous Cognitive Load pada pembelajaran sistem imun, penelitian dilakukan di SMA PASUNDAN 1 BANDUNG kelas XI B2. Analisis aktivitas belajar siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi yang dinilai setelah pembelajaran dilaksanakan, sedangkan ECL diukur berdasarkan usaha mental siswa yang dijaring dengan kuisioner subjective ratting scale. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Hasil analisis aktivitas belajar siswa yang dilakukan siswa selama 2 jam pembelajaran menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran lebih dominan pada aktivitas fisik dibandingkan pada aktivitas mental. Aktivitas pembelajaran baik aktivitas fisik maupun mental tidak saling mempengaruhi untuk menurunkan ketidakpahaman siswa selama pembelajaran sistem imun, kemudian hasil dari analisis terhadap ECL menunjukkan bahwa ECL masuk kategori “sedang” artinya masih ada siswa yang kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tidak ada hubungan antara aktivitas belajar dengan usaha mental siswa selama pembelajaran karena guru kurang menstimulasi aktivitas belajar siswa sehingga aktivitas yang dilakukan tidak bermakna dan tidak menurunkan usaha mental siswa. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Extraneous Cognitive Load, Pembelajaran biologi, sistem imun