PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENGAMATAN-JARING-JARING IDE DI KELAS X SMA SUMATRA 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Menulis merupakan salah satu keterampilan yang tidak dapat dipisahkan untuk pengembangan siswa dalam berpikir. Metode pengamatan jaring-jaring Ide merupakan teknik pemetaan pikiran. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik me-lakukan penelitian pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan meng-gunakan metode jaring-jaring ide pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Permasalahan yang diajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan menggunakan metode Pengamatan-Jaring-jaring Ide pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung? 2) Mampukah siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung mengonstruksi teks eksposisi dengan baik dan benar? 3) Efektifkah metode pengamatan jaring-jaring ide diterapkan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi pada siswa kelas SMA Sumatra 40 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah pre-experimental design (nondesign) dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan menggunakan metode jaring-jaring ide pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,60. 2) Peserta didik kelas X SMA Sumatra 40 Bandung mampu mengonstruksi teks eksposisi dengan baik dan benar. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 21,75 dan nilai rata-rata postes 75,04. Nilai tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan sebesar 53.29. 3) Metode jaring-jaring ide efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi. Hal ini, terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung t = 14,4 > ttabel 2,03 pada tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 23. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa metode jaring-jaring ide ini tepat digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung. Kata Kunci : jaring-jaring ide, kaidah, pembelajaran, teks eksposisi