PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSISTING SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan persisting siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest desaign. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Bandung dengan sampel penelitian kelas X IPS 2 berjumlah 30 siswa. Sampel dipilih secara acak (cluster random sampling) karena tidak terdapat kelas unggulan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penguasaan konsep untuk mengukur ranah pengetahuan berupa pilihan ganda, instrumen sikap untuk mengukur ranah sikap, istrumen penilaian kinerja, penilaian produk dan persepsi siswa untuk mengukur ranah keterampilan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 37,83 dan rata-rata pottest sebesar 77,00 dengan N-gain sebesar 0,63 berada dalam kategori sedang. Sejalan dengan itu, nilai rata-rata ranah sikap sebesar 79,73 dan nilai rata-rata ranah keterampilan sebesar 81 keduanya berada dalam kategori baik. Hasil uji hipotesis t berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai signifikasi sebesar 0,012. Hasil uji korelasi antara ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan menunjukkan kuatnya hubungan ketiganya dengan signifikasi sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan persisting siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Persisting, Konsep Pencemaran Lingkungan.