PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KAYANYA NEGRIKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Sukarasa 3,4 Kecamatan Sukasari Kota Bandung Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)

Main Author: Sari Mulyani, 145060262
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/29807/5/1.cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29807/6/2.abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29807/1/Bab%201.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29807/2/Bab%202.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29807/3/Bab%203.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29807/4/Bab%204.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29807/3/Bab%205.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29807/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29807/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Inquiri pada mata pelajaran IPS dengan materi kayanya Negeriku subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia pada siswa kelas IV SDN Sukarasa 3,4 Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Sukarasa yang terlihat pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan pembelajaran hanya bersifat Teacher-Centered dengan metode konvensional, sedangkan dengan model pembelajaran yang lain belum pernah dilaksanakan khususnya pembelajaran Inquiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi (pengamatan), angket pemahaman siswa dan lembar tes. Instrumen berupa lembar observasi telaah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Pembelajaran inquiri yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang tepat yaitu dengan merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menguji jawaban, menarik kesimpulan dan menerapkan kesimpulan pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sukarasa 3,4 Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Akhir siklus I sebanyak 30 siswa (78%) sudah mencapai KKM, sedangkan hasil akhir siklus II sebanyak 35 siswa (92%) sudah mencapai KKM sebesar 73. Berdasrkan hal tersebut hasil belajar siswa mengalami kenaikan hasil belajar sebesar 14%. Dengan demikian, kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri sangat menunjang terhadap peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: Inquiri, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar.