Daftar Isi:
  • Kania Dewi Permani. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMK. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan non-ekivalen desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Insan Mandiri Bandung Barat. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2)mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) mengetahui korelasi antara self-efficacy siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT. 4) mengetahui korelasi antara self-efficacy siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. 2)self-efficacy siswa yang mendapat model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. 3) terdapat korelasi antara self-efficacy siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen. 4) tidak terdapat korelasi antara self-efficacy siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas kontrol Kata kunci: model pembelajaran REACT, kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy