PEMBELAJARAN MENGEVALUASI TEKS NEGOSIASI BERDASARKAN ASPEK YANG TERSIRAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS X SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Teks negosiasi adalah teks yang berisi tentang interaksi sosial untuk mencapai suatu kesepakatan. Model discovery learning adalah proses pembelajaran yang menitikberatkan pada mental intelektual peserta didik dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan suatu konsep. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan aspek yang tersirat dengan menggunakan model discovery learning pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah;(1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan aspek yang tersirat dengan menggunakan model discovery learning pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 4 Bandung?;(2) Mampukah peserta didik kelas X SMK Pasundan 4 Bandung mengevaluasi teks negosisasi berdasarkan aspek yang tersirat dengan tepat?;(3) Efektifkah model discovery learning digunakan dalam pembelajaran mengevaluasi teks negosisasi berdasarkan aspek yang tersirat pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 4 Bandung? Tujuan penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dirumuskan. Tujuannya untuk mengetahui keberhasilan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran yang dilakukan, mengetahuhi kemempuan peserta didik kelas X dalam pembelajaran, serta keefektifan model yang digunakan dalam pembelajaran mengevaluasi teks negosiasi .Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen, dengan teknik penelitiaan telaah pustaka, observasi, uji coba dan test. Adapun hasil pembelajaran perencanaan 3,4 dan pelaksanaan pembelajaran 3.5. selanjutnya dilihat dari nilai rata-rata pretes sebesar 32.3 dan rata-rata nilai postes sebesar 70.2, peningkatan sebesar 37.2. Terakhir, dengan hasil pembuktian hasil uji statistik thitung> ttabel yakni 35.11> 2.04 dalam t tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5%,. Berdasarkan hasil data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan aspek yang tersirat di kelas X SMK Pasundan 4 Bandung berhasil dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci:Pembelajaran, Teks negosiasi, Mengevaluasi, Model Discovery Learning