PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI GURU, KOMPETENSI GURU DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI LULUSAN SMA NEGERI DI KOTA BANDUNG, KOTA CIMAHI, KABUPATEN BANDUNG, DAN KABUPATEN BANDUNG BARAT

Main Author: SARINAH, NPM. 119113001
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/29758/1/Artikel%2C%20Sarinah%2C%202017.doc
http://repository.unpas.ac.id/29758/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui, menganalisis dan mengkaji kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi guru, kompetensi guru, budaya sekolah dan mengetahui pengaruhnya terhadap kinerja guru serta implikasinya pada kompetensi lulusan Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey penjelasan (explanatory survey method) yaitu survei yang mencoba menghubungkan variabel dan menguji variabel-variabel yang diteliti. Sampel yang digunakan sebesar 207 guru tetap Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Secara umum penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi guru, kompetensi guru dan budaya sekolah terhadap kinerja guru, 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap kompetensi lulusan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Guru, Kompetensi Guru, Budaya Sekolah, Kinerja Guru dan Kompetensi Lulusan Sekolah