Daftar Isi:
  • Membaca merupakan suatu kegiatan untuk menerima informasi melalui tulisan. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Legenda dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Permasalahan yang diajukan adalah:(1)Apakah penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda dengan metode Cooperative Integrated, Reading and Composition ?;(2) Apakah peserta didik kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung dapat mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda dengan metode Cooperative Integrated,Reading and Composition?;(3)Apakah metode Cooperative Integrated, Reading and Composition efektif dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda?.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian one group pretest-posttest design. Adapun hasil penelitiannya adalah(1)Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda dengan metode Cooperative, Integrated, Reading and Composition;(2) Siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung mampu menelaah struktur dan kebahasaan legenda dengan metode Cooperative, Integrated, Reading and Composition.(3)Metode Cooperative, Integrated, Reading and Composition efektif dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda dengan metode Cooperative, Integrated, Reading and Composition Terlihat dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 27,2 > ttabel 2,06 dengan tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan data dari penelitian, maka disimpulkan bahwa penelitian terlaksana dengan baik. Kata kunci: CIRC, kebahasaan, legenda, menelaah, pembelajaran, struktur teks.