PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PADA SISWA KELAS 3 SDN SUKAGALIH 8 BANDUNG

Main Author: ERI SITI SARAH, 115060160
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/2947/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/2947/2/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/2947/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/2947/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis memiliki rumusan masalah diantaranya bagaimana menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 3? Apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 3?. Tujuan penelitian ini diantaranya ingin mengetahui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), ingin mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, dan ingin mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 3. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peneliti mengetahui dan mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 3 dengan penilaian persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan kategori baik yaitu 3,30 dan penilaian pelaksanaan pembelajaran dengan kategori baik yaitu 3,20, serta dengan penilaian pemahaman konsep yaitu 3,70 dengan kategori baik dan penilaian hasil belajar melebihi KKM yang telah ditentukan yaitu dengan rata-rata nilai 78,3, dan di dalam setiap pertemuan mengalami peningkatan baik dalam penilaian pemahaman konsep maupun hasil belajar. Pada akhirnya data yang diperoleh pada saat pra siklus telah meningkat pada siklus I dan II dengan data awal hasil belajar siswa 44,4% meningkat menjadi 77,8%. Kata Kunci : Problem Based Learning , Pemahaman Konsep , dan Hasil Belajar.