PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATERI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen Sub Tema Koperasi Pada Siswa Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 16 Bandung)
Daftar Isi:
- Judul penelitian ini adalah “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATERI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen Sub Tema Koperasi Pada Siswa Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 16 Bandung)” Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1).Bagaimana proses pembelajaran di dalam kelas. 2).Apakah terdapat perbedaan antara pemahaman konsep materi siswa sebelum dan sesudah pembelajaran Problem Based Instruction pada mata pelajaran Ekonomi. 3).Bagaimana perbandingan pemahaman konsep materi siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang penulis ajukan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk kuasi eksperimen, peneliti menggunakan bentuk penelitian kuasi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan melalui posttest pretest dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka metode penelitian yang peneliti gunakan adalah quasi eksperimental. Bentuk penelitian kuasi eksperimen adalah penelitian dengan menerapkan model pembelajaran di dalam kelas terhadap objek yang diteliti, pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan melihat hasil pengerjaan lembar kerja peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada 2 kelas dengan perlakuan berbeda, pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem Based Instruction, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Group Investigation. Kedua model tersebut dipilih karena hampir memiliki kemiripan dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap pemahaman konsep materi peserta didik sangat baik karena terdapat peningkatan pada hasil kerja mereka, di tes awal (pretest) kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 73,32 sebelum diterapkannya model pembelajaran Problem Based Instruction dan pada tes akhir (posttest) kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 84,77. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation memiliki nilai rata-rata pada tes awal (pretest) 72,77 dan nilai rata-rata tes akhir (posttest) 82. Kedua model pembelajaran tersebut memang dapat meningkatkan pemahaman konsep materi peserta didik, namun dari penilaian yang diterima, model pembelajaran Problem Based Instruction lebih unggul. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru mata pelajaran ekonomi untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction supaya siswa antuasias dan termotivasi dalam menyelesaikan materi yang berupa soal kasus, serta peneliti selanjutnya agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction lebih baik lagi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan pemahaman konsep peserta didik