MODEL HEURISTIK PENENTUAN RUTE KENDARAAN DENGAN BATASAN WAKTU PENGIRIMAN
Main Author: | Tjutju Tarliah.D, DS |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Teknik UNPAS
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/29334/1/COVER-INVolume%2011%20No%202%20Juni%202009.doc http://repository.unpas.ac.id/29334/1/Judul%20Depan%20Volume%2011%20Nomor%202%20Juni%20%202009.doc http://repository.unpas.ac.id/29334/2/3.%20Tjutju%20T%20D%20%28TI%29%2091-100%20658%2053.doc http://repository.unpas.ac.id/29334/ http://teknik.unpas.ac.id |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penentuan rute kendaraan (Vehicle Routing Problem, VRP) merupakan sub persoalan yang sangat penting dari suatu sistem distribusi, sehingga telah mengundang banyak perhatian peneliti untuk menggali berbagai aspek yang terkait dengan persoalan ini. Pada dasarnya persoalan ini adalah menentukan rute sejumlah kendaraan dengan kapasitas tertentu yang mengangkut suatu komoditas dari satu atau lebih depot ke sejumlah pelanggan dengan tingkat kebutuhan tertentu. Tujuannya adalah agar diperoleh total ongkos atau jarak atau waktu tempuh yang minimum. Pada makalah ini dikemukakan suatu metoda heuristik untuk menyelesaikan persoalan penentuan rute kendaraan untuk kondisi dimana setiap pelanggan menetapkan batas awal dan akhir waktu pengiriman, yang dikenal sebagai Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW). Penentuan rute ditujukan tidak hanya untuk meminimumkan total ongkos perjalanan tetapi juga total waktu pelanggan menunggu. Besarnya ongkos diasumsikan proporsional terhadap jarak dan waktu tempuh. Kata kunci: vehicle routing, time window, heuristik