ctrlnum 29282
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/29282/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED&#xD; LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS&#xD; MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) &#xD; SISWA SMA</title><creator>DIAH AYU LESTARI, 135050063</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Diah Ayu Lestari. 2017. &#x201C;Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based &#xD; Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan &#xD; Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa SMA&#x201D;.&#xD; Dalam matematika, kemampun berpikir kritis matematis adalah salah satu ciri &#xD; pembelajaran matematika yang sangat dibutuhkan menurut Evie E.Y. Namun, &#xD; pada kondisi pembelajaran di sekolah saat ini masih menunjukkan rendahnya &#xD; kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran &#xD; yang lebih baik dalam kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah &#xD; pembelajaran model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan &#xD; untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh &#xD; pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang memperoleh &#xD; pembelajaran model konvensional dan juga untuk mengetahui self-convidence&#xD; siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan &#xD; pembeljaran konvensional, dan untuk mengetahui korelasi terhadap kemampun &#xD; berpikir kritis matematis dengan self-convidence siswa. Penelitian ini merupakan &#xD; penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi &#xD; penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung tahun ajaran &#xD; 2016/2017 dengan sampel yang dipilih dua kelas secara acak yaitu siswa kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI-1 sebagai kelas control. Instrumen &#xD; penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis (pretes dan&#xD; postes), dan self-convidence (pretes dan postes). Analisis data dilakukan dengan &#xD; menggunakan program software SPSS versi 18.0 for windows. Berdasarkan &#xD; analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan model &#xD; pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang &#xD; memperoleh pembelajaran konvensional, dan self-convidence siswa positif &#xD; terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam &#xD; pembelajaran matematika.&#xD; Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), berpikir kritis matematis, self-convidence</description><date>2017-09-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/29282/6/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/29282/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/29282/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/29282/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/29282/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/29282/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/29282/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/29282/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> DIAH AYU LESTARI, 135050063 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>29282</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DIAH AYU LESTARI, 135050063
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) SISWA SMA
publishDate 2017
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/29282/6/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29282/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29282/2/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29282/3/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29282/3/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29282/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29282/5/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29282/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29282/
http://fkip.unpas.ac.id/
contents Diah Ayu Lestari. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa SMA”. Dalam matematika, kemampun berpikir kritis matematis adalah salah satu ciri pembelajaran matematika yang sangat dibutuhkan menurut Evie E.Y. Namun, pada kondisi pembelajaran di sekolah saat ini masih menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang lebih baik dalam kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah pembelajaran model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional dan juga untuk mengetahui self-convidence siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembeljaran konvensional, dan untuk mengetahui korelasi terhadap kemampun berpikir kritis matematis dengan self-convidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel yang dipilih dua kelas secara acak yaitu siswa kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI-1 sebagai kelas control. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis (pretes dan postes), dan self-convidence (pretes dan postes). Analisis data dilakukan dengan menggunakan program software SPSS versi 18.0 for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan self-convidence siswa positif terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), berpikir kritis matematis, self-convidence
id IOS3183.29282
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-10-19T23:11:04Z
last_indexed 2017-10-19T23:11:04Z
recordtype dc
_version_ 1766044923733213184
score 17.538404