PEMODELAN TATA KELOLA SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN COBIT FRAMEWORK DOMAIN DELIVERY & SUPPORT
Main Authors: | DJUNAEDY SAKAM, DS, Kridanto Surendro, DS |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Teknik UNPAS
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/29270/1/COVER-INVolume%209%20No%204%20Desember%202007.doc http://repository.unpas.ac.id/29270/1/Judul%20Depan%20Volume%209%20Nomor%204%20Desember%20%202007.doc http://repository.unpas.ac.id/29270/2/4%29.%20Sakam%20COBIT2%20%28IF%29%20261-%20278.doc http://repository.unpas.ac.id/29270/ http://teknik.unpas.ac.id |
Daftar Isi:
- Abstrak : Pada era teknologi informasi (TI) sekarang ini perguruan tinggi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang dapat berkompetitif dan keberhasilan tersebut tidak terlepas dari sumber daya manusia (SDM) sebagai penggerak roda organisasi, untuk mencapai keberhasilan tujuan organisasi harus ditunjang oleh keberhasilan kinerja SDM, dimana setiap SDM memiliki keahlian yang berbeda dan membutuhkan pengasuhan serta pengembangan potensi yang berbeda pula tetapi semuanya untuk menuju ke satu tujuan organisasi. SDM merupakan suatu aset organisasi yang berharga untuk menunjang pencapaian tujuan organisasi, meliputi perencanaan yang akan direalisasikan, pengendalian proses bisnis yang sedang berjalan, dan penetapan tujuan strategis bisnis institusi di masa mendatang. Yang dimaksud Institusi atau organisasi adalah tempat kami meneliti, yaitu Universitas Pasundan (UNPAS) Bandung. Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT) memiliki indikator untuk mengukur kinerja TI melalui tingkatan maturity, Critical Success Factors (CSF), Key Goal Indicators (KPI), dan Key Performance Indicators (KGI). Indikator tersebut mencerminkan kebutuhan keintegrasian mekanisme proses TI, dimungkinkan setiap pengendalian proses TI pengelolaan SISDM pada unit organisasi satu dengan unit organisasi lain terdapat variasi kualitas kinerja SDM secara profesional, variasi tersebut dimungkinkan antara kewenangan dan tanggung jawab belum selaras sesuai dengan uraian kerja yang diterimanya. Kata kunci : TI, SISDM, Maturity, COBIT, Delivery & Support