Daftar Isi:
  • Asti Lestari. 2017. Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi. Pembimbing I Dr. Cartono, M.Pd., M.T. Pembimbing II drh. Nia Nurdiani, M.Si. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar siswa kelas XI MIA SMAN 12 Bandung pada materi sistem reproduksi dikarenakan materi bersifat abstrak serta kurangnya visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis Adobe Air. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 12 Bandung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yakni kelas XI MIA 6 (37 orang) dengan pertimbangan rata-rata siswa memiliki perangkat komputer dan memiliki karakteristik belajar secara mandiri. Instrumen yang digunakan berupa soal objektif (pilihan ganda) sebanyak 30 butir untuk memperoleh data utama ranah kognitif, angket dan lembar observasi untuk memperoleh data penunjang berupa respon dan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar dianalisis dengan uji Wilcoxon pada α=0,05. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dengan nilai Gain 52,86 dan N-Gain 0,71 (kategori tinggi). Pembelajaran dengan metode ini mendapat respon positif siswa 82,4% dengan 83% siswa beraktivitas baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis Adobe Air dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Perlu dilakukan pengujian pengintegrasian metode belajar ini dengan model-model pembelajaran pada pembelajaran konsep lain. Kata Kunci: Hasil Belajar, Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Air, Sistem Reproduksi