PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SKEMATA KRITIS DI KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Pembelajaran menceritakan berkaitan dengan keterampilan berbicara. Salah satunya yaitu berbicara teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis, yang menekankan pada konsep kerja sama dan perencanaan terhadap sebuah teks yang diceritakan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2016/2017?; 2) Mampukah siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung menceritakan kembali isi teks biografi berdasarkan struktur teks penulisan teks biografi secara tepat?; 3) Efektifkah model skemata-kritis digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: a) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 3,86 yang termasuk kategori sangat baik. b) Siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung mampu menceritakan kembali isi teks biografi berdasarkan struktur teks. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 53,3 dan nilai rata-rata postes 89,3 peningkatan sebesar 36. c) Model skemata-kritis efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistic dengan hasil thitung> ttabel yakni 18,55 > 2,045 pada taraf signifikansi 5% dan db sebesar 28. Pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis berhasil untuk diterapkan di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata kritis di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2016/2017 berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran, menceritakan, kembali isi teks biografi, model skemata-kritis.