Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bojong Emas 3 pada tema tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini di latarbelakangi dari rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar di dalam proses pembelajaran yang dibawah KKM, dikarenakan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan melihat hasil penelitian keterampilan berpikir kritis siswa yang memperoleh nilai persentase ketuntasan pada siklus I adalah 28% meningkat menjadi 50% pada siklus II dan terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada siklus III yaitu 91% siswa yang dinyatakan tuntas. Begitu pula dengan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai persentase ketuntasan pada siklus I yaitu 36% meningkat menjadi 73% pada siklus II dan terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada siklus III yaitu 100% siswa dinyatakan tuntas dari keseluruhan siswa yaitu 22 orang. Hal tersebut tentu sudah melebihi target yaitu 80% siswa yang dinyatakan tuntas. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar