Daftar Isi:
  • Pembelajaran menulis membutuhkan berbagai aspek keterampilan, di antaranya keterampilan membaca, keterampilan menyimak, keterampilan menulis dan keterampilan berbicara. Pembelajaran menulis surat pribadi merupakan bagian dari keterampilan menulis. Sehubungan dengan itu penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan metode cooperative learning pada Siswa Kelas VII SMPN 14 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017.” Rumusan masalah yang diajukan penulis adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan model think pair and share pada peserta didik kelas VII SMPN 14 Bandung?; 2) Mampukah peserta didik kelas VII SMPN 14 Bandung mengikuti pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, ke-bahasaan dan isi dengan tepat?; 3) Efektifkah model think pair and share digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan metode cooperative learning pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung; 2) Siswa kelas VII SMPN 14 Bandung mampu menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi secara tepat; 3) Model cooperative learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis sebagai berikut. a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan metode cooperative learning pada siswa kelas VII SMPN 14 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan sebesar 3,6 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,4 dengan kategori baik. b. Siswa kelas VII SMPN 14 Bandung mampu menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan benar. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar ... dan nilai rata-rata postes sebesar .... Peningkatannya sebesar .... c. Model cooperative learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar ..., ttabel sebesar ... pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 34. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi dengan menggunakan metode cooperative learning berhasil dengan baik. Kata kunci : Pembelajaran, keterampilan menulis, surat pribadi, metode cooperative learning.