Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sindangpanon. Hal ini ditandai kurangnya sikap percaya diri dan rendahnya hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, dari 35 siswa hanya 15 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yang telah ditentukan atau sekitar 42,8% sisanya 20 siswa belum memenuhi nilai diatas KKM atau sekitar 57,2%. Ditinjau dari permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sebagai pemecahan masalahnya, sehingga didapatkan rumusan masalah yakni bagaimanakah penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh gambaran mengenai penggunaan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Arikunto dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi tes hasil belajar (pre test dan post test) dan non tes berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data yang digunakan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan sikap percaya diri siswa pada setiap siklusnya. Siklus I persentase sikap percaya diri siswa sekitar 76%, meningkat pada siklus II menjadi 78% dan lebih meningkat pada siklus III sekitar 82%. Siswa yang tuntas dari 35 siswa dalam pembelajaran 1 dan 2 yaitu 18 orang atau sekitar 51,42%, siklus II siswa yang tuntas pembelajaran 3 dan 4 yaitu 26 orang atau sekitar 74,28%, siklus III siswa yang tuntas pembelajaran 5 dan 6 yaitu 32 orang atau sekitar 91,41%. Kata kunci: Discovery Learning, Sikap percaya diri dan Hasil belajar siswa