PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X IPS DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Tema BUMN Tahun Ajaran 2016/2017)

Main Author: HESTY YUNIAR, 135020062
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/29114/1/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29114/3/Abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29114/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29114/6/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29114/5/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29114/7/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29114/7/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29114/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29114/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul: “Penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Pemahaman Siswa Kelas X IPS di SMA Pasundan 3 Bandung”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan pemahaman siswa karena rendahnya daya dukung dalam proses pembelajaran salah satunya strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran giving question and getting answer pada mata pelajaran ekonomi sub tema BUMN di kelas X IPS SMA Pasundan 3 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X IPS di SMA Pasundan 3 Bandung melalui uji homogenitas ditetapkan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil pengujian statistik deskriptif diperoleh rata-rata pretest sebesar 38,55 dan posttest sebesar 83,80. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi pretest 0,223 dan posttest 0,457. Pengujian hipotesis diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,74 artinya terdapat peningkatan dengan interpretasi tinggi, adanya peningkatan menunjukkan perbedaan dari rata-rata pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran giving question and getting answer pada mata pelajaran ekonomi sub tema BUMN di kelas X IPS SMA Pasundan 3 Bandung. Nilai pemahaman siswa yang menggunakan strategi pembelajaran giving question and getting answer lebih tinggi daripada nilai pemahaman siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, untuk selanjutnya penulis memberikan saran jika situasi saat pembelajaran siswa kurang fokus, sebaiknya guru memvariasikannya dalam penggunaan strategi pembelajaran dengan melihat kecocokan pada materi yang akan diajarkan. Strategi pembelajaran giving question and getting answer dapat menjadi alternatif mengajar di kelas karena mendorong siswa untuk bertanya dan memberikan gagasannya sehingga dapat meningkatkan nilai pemahaman siswa. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer, Pemahaman Siswa