PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CIPAGALO 2 SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 1, 2, 3, 4,5 dan 6 di Kelas IV SDN Cipagalo 2 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

Main Author: Astri Andriani, 135060225
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/29082/1/1%20COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/3/4%20ABSTRAK%20INDONESIA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/2/4%20ABSTRAK%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/4/4%20ABSTRAK%20SUNDA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/5/11%20BAB%20I%20bismillah.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/5/12%20BAB%20II%20Bismillah.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/6/13%20BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/7/14%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/9/15%20BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/8/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/29082/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengamatan awal di SDN Cipagalo 2 Kabupaten Bandung di temukan masalah dalam pembelajaran di kelas IV pada subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Pada kenyataan di lapangan guru saat ini menitik beratkan pembelajaran hanya pada ceramah dan menulis, serta metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik, sehingga peserta didik menjadi pasif, hal tersebut menyebabkan rendahnya minat belajar pada peserta didik dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut di atas peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar peserta didik, yaitu dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SDN Cipagalo 2 Kabupaten Bandung yang berjumlah 26 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes pre test dan post test. Teknik non tes yaitu observasi percaya diri. Pada hasil belajar peserta didik yaitu siklus I 30,7% dengan kategori kurang, siklus II 61,53% dengan kategori kurang, dan siklus III 88,46% dengan kategori baik. Sedangkan pada percaya diri peserta didik, yaitu pada siklus I sikap percaya diri peserta didik siklus I 66,46% dengan kategori kurang, siklus II 70% cukup baik, siklus III 80% dengan kategori baik.Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan percaya diri peserta didik dan hasil belajar peserta didik di kelas IV pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Dengan demikian model discovery learning dapat di jadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran tematik. Kata kunci: Model Discovery Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar