PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Cikalapa Kabupaten Bandung Barat Semester II Tahun Ajaran 2016/2017)

Main Author: Destara Dwisara, 135060082
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/28946/2/cover%20dan%20lembar%20pengesahan.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28946/3/Abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28946/2/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28946/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28946/3/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28946/3/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28946/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28946/2/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28946/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28946/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN Cikalapa. Penggunaan metode pembelajaran yang konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan efisien serta kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 (tiga) siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Adapun setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap, keterampilan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata keseluruhan sikap percaya diri siswa mencapai 2,26 dengan persentase 18%, pada siklus II sekitar 3,22 dengan persentase 77% dan pada siklus III sekitar 3,5 dengan persentase 81% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I, nilai rata-rata keseluruhan sikap peduli siswa mencapai sekitar 2,52 dengan persentase 27%, pada siklus II sekitar 3,23 dengan persentase 72% dan pada siklus III sekitar 3,59 dengan persentase 86%. dengan kategori sangat baik. Pada siklus I, nilai rata-rata keseluruhan sikap tanggung jawab siswa mencapai 2,61 dengan persentase 36%, siklus II sekitar 3,23 dengan persentase 81% dan siklus III sekitar 3,63 dengan persentase 91%dengan kategori sangat baik. Pada siklus I, nilai rata-rata keseluruhan keterampilan diskusi siswa mencapai 2,46 dengan persentase 41%, siklus II sekitar 3,21 dengan persentase 73% dan siklus III sekitar 3,56 dengan persentase 91% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa 58,18 dengan persentase 13%, siklus II 71,82 dengan persentas 55% dan siklus III 76,93 dengan persentase 82% dengan kategori baik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri, Peduli dan Tanggung Jawab, Keterampilan Diskusi dan Hasil Belajar