Daftar Isi:
  • Anisa Gishelda, 132050428, 2015. Skripsi ini berjudul, Analisis Framing Pemberitaan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 berdasarkan perhitungan Komisi Pemilihan Umum di Televisi Metro TV dan TV One Edisi 22 Juli 2014. Pembimbing Dra. Hj. Yulia Segarwati, M.Si, Peminatan Jurnalistik, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan, Bandung. Penelitian ini bertujuan mengetahui cara wartawan televisi Metro TV dan TV One dalam menyusun, mengisahkan, menulis, dan menekankan fakta mengenai hasil pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 berdasarkan perhitungan Komisi Pemilihan Umum. Peneliti menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki untuk mengetahui bingkai dari berita di Metro TV dan TV One edisi 22 Juli 2014. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan bingkai pemberitaan televisi Metro TV dan TV One dalam mengkonstruksi realitas. Televisi Metro TV menonjolkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden. Televisi TV One menonjolkan Prabowo dan Hatta Rajasa sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan loyalitas masing-masing media massa. Televisi Metro TV tetap mengutamakan loyalitas pada Joko Widodo dengan Jusuf Kalla, sedangkan televisi TV One mengutamakan loyalitas pada Prabowo dan Hatta Rajasa. Penulis menyarankan televisi Metro TV dan TV One agar lebih netral dalam pembuatan berita.