PetaBisnis Media Online Radio danSuratKabar (StudiKomparatifwww.1071klitefm.comdanwww.pikiran-rakyat.com di Bandung)
Daftar Isi:
- Perkembanganteknologi ICT membawadampak yangsignifikandalamindustri media.Pelaku diindustri media harusbiasbertransformasidalambisnis media.Konvergensi media menjadihal yang takbiasterhindarkan.Perubahaniniberdampakpadapetapersainganbisnis media elektronikseperti radio dan media cetakkoran. Radio siaranmengenal radio streaming sebagaidampakdariperkembangan media online, sedangkanmedia cetakdenganKoran online.DiantarafenomenaituterdapatRadio K-lite FM dengan radio online (radio streaming website:http: //www.1071klitefm.com)danPikiran Rakyatdengan PR Digital (website http://www.pikiran-rakyat.com). Petapersainganbisnismengalamiperubahanketika media memasuki industry media.Optimalisasi media online menjadisalahsatucarapengembanganbisnis radio dankoran. Dalamhalinipengelolaankontensiarandanberitajugamengalamiperubahan, kemudianjangkauandancakupankedua media. Proses pengintegrasiankontensiarandanberitainiharusmenyesuaikandiridenganstandar yang digunakandalampenyebaraninformasi di media online. Penelitianini bertujuanuntukmengetahui (1) Upayaradio K-lite FM dan Koran Pikiran Rakyat menyikapiperkembanganbisnismenuju media online (2)Alasanradio K-lite FM dan Koran Pikiran Rakyat melakukantransformasike media online(3) Upayaradio K-lite FM dan Koran Pikiran Rakyat mengintegrasikankontensiarankonvensionaldankontenberitacetakke media online (4) Strategipemasaraniklan yang dilakukandi media konvensionalbaik di Radio K-lite dan di Koran Pikiran Rakyat denganpemasaran di media online, (5) Tren data input iklanradio K-lite danPikiran Rakyat online,dan (6) Strukturbisnispada radio K-lite danPikiran Rakyat. Metodepenelitianyang digunakanpadapenelitianiniadalahStudiKasusdenganpendekatanMultiple Casesyang berupayamenjelaskanpetabisnis media konvensionalke media onlinepada media yang diamati.ObjekpenelitianadalahRadio K-lite FM (PT Radio LintasKontinental)dan Koran Pikiran Rakyat. Kata kunci: Konvergensi Media, Media Online, Bisnis Media, TransformasiBisnis, StrategiBisnis