USULAN FORMULASI STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TEH WALINI DI PUSAT KOPERASI KARYAWAN (PUSKOPKAR) PTPN VIII
Daftar Isi:
- Teh Walini adalah sebuah produk baru yang merupakan teh dalam kemasan. Produk ini dipasarkan secara luas mulai tahun 2002, dalam perencanaannya PTPN VIII menunjuk PUSKOPKAR PTPN VIII untuk mengelola dan merencanakan pemasaran Teh Walini ini. Selama selang waktu dari tahun 2002 – 2005, peningkatan penjualan produk ini belum bisa mencapai target untuk meraih market share sebesar 15% seperti yang telah direncanakan. Salah satu upaya untuk lebih meningkatkan penjualannya, maka diperlukan suatu perencanaan strategi pemasaran yang lebih tepat. Hal ini tiada lain adalah sebagai upaya dalam menghadapi persaingan bisnis, yang kita ketahui bersama bahwa persaingan produk Teh di pasar sangatlah tinggi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan usulan alternatif strategi bagi PUSKOPKAR PTPN VIII agar bisa survive serta dapat mengoptimalkan penjualan produknya baik sekarang maupun dimasa yang akan datang dengan menggunakan metoda Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Perumusan alternatif strategi ini terdiri dari tiga tahap yaitu, pertama tahap masukan (Input Stage) dengan melakukan identifikasi terhadap faktor-faktor internal dan eksternal dan diolah menggunakan IFE (Internal Factors Evaluation) Matrix dan EFE (External Factors Evaluation) Matrix, kedua tahap penyesuaian (Matching Stage) yaitu dengan menggunakan 3 buah matriks, diantaranya Internal-External matrix (IE) dan SWOT Matrix yang menghasilkan dua alternatif strategi yaitu strategi Intensif dan strategi Integrasi, Space Matrix yang menghasilkan alternatif strategi Integrasi dan strategi Agresif. ketiga tahap keputusan (Decision Stage) dengan menggunakan QSPM Matrix. Dari beberapa alternatif strategi yang telah dihasilkan pada tahap penyesuaian, alternatif strategi yang paling memungkinkan dengan melihat kondisi PUSKOPAKR PTPN VII serta nilai Total Attractive Score (TAS) terbesar yang diraih, alternatif strategi yang terpilih adalah strategi Intensif yaitu dengan Strategi Penetrasi Pasar yang mempunyai TAS sebesar 6,60. Melalui perumusan strategi bisnis ini diharapkan PUSKOPKAR PTPN VIII mampu bertahan dan meningkatkan persaingannya baik sekarang maupun pada masa yang akan datang.