PENENTUAN STRATEGI BISNIS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PRODUK BROWNIES KUKUS DI CV AMANDA BANDUNG
Daftar Isi:
- Persaingan usaha disegala bidang dalam globalisasi ini begitu banyak memiliki tantangan dan hambatan. Ancaman yang ada bukan hanya datang dari lingkungan internal saja akan tetapi sudah pasti akan datang dari lingkuangan eksternal pula oleh karenanya CV Amanda yang bergerak didalam industri makanan tentu dalam menjalankan usaha yang memiliki hambatan-hambatan yang dialaminya, sehingga walaupun CV Amanda sudah memiliki strategi bersaing yang tepat agar mampu bertahan dan memenangkan persaingan. Perumusan alternatif strategi ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap masukan (Input Stage) dilakukan analisa faktor-faktor eksternal dengan menggunakan External Factor Evaluation (EFE) Matrix sementara faktor-faktor internal dengan menggunakan Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix, tahap penyesuaian (Matching Stage) dilakukan dengan menggunakan Matrix Competitive Profile (CPM), Matrix IE (internal-external) dan Matrix SPACE dan tahap ketiga yaitu tahap keputusan (Decision Stage) dilakukan dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategies Planning Matrix) Dari hasil pengelolaan data berdasarkan matriks IFE diperoleh skor sebesar 2.72 dan EFE sebesar 2.81 hal ini menunjukan posisi CV. Amanda berada diatas rata-rata yang artinya cukup kuat dan sudah memiliki strategi yang baik dalam mengatasi segala ancaman eksternal maupun internal. Dari matriks SPACE diketahui bahwa SBU berada pada posisi Agresif sedangkan dari matriks IE diketahui pada saat ini CV Amanda berada pada sel V yang menghasilkan strategi hold and maintain. Dan strategi yang umum dipakai yaitu market penetration strategy dan product development strategy. Hasil pengolahan data QSPM menghasilkan Sum TAS 6,02untuk Strategy Maintenance Quality Product and Service yang terpilih Program perencanaan Strategy Maintenance Quality Product and Service. Yaitu Meningkatakan pengawasan terhadap kualitas produk yang dihasilkan, Pengembangan Rasa Brownies kukus Amanda, Meningkatkan Sumber Daya Manusia dan mengadakan pelatihan, Survey pasar dan pesaing, Promosi lewat media cetak, elektronik dan menjadi Sponsorship.