ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX
Daftar Isi:
- Tingkat persaingan pada saat ini semakin ketat, selain disebabkan oleh semakin banyaknya perusahaan sejenis yang berlomba–lomba untuk mempengaruhi konsumen dengan berbagai cara agar produknya dapat dibeli, penyebab lainnya yaitu pengaruh globalisasi informasi dan kebijakan pemerintah yang mengarah pada ekonomi pasar yang menuntut perusahaan untuk beroprasi secara efisisen dan dan menghasilkan produk yang mempunyai daya saing tinggi dalam usaha memenangkan pangsa pasar. Perusahaan yang lemah dalam strategi perusahaan tentu akan kalah bersaing, walaupun produk dari perusahaan tersebut telah lama dikenal oleh konsumen. Perusahaan yang mengalami suatu situasi persaingan yang kuat, tidak boleh hanya menjual produk, tetapi manajemen perusahaan itu harus percaya pada arti suatu merek. Produk memang harus baik kualitasnya, tapi hal itu harus dikerjakan dalam rangka memperkuat brand equity yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality, serta brand loyalty, yang kesemuanya harus dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Produk utama PT. ALAM INDAH BUNGA NUSANTARA adalah bunga potong chrysanthemum, salain menanam bunga chrysanthemum dalam pot juga menanam poinsettia, babyrose, kalancoecarnation, fillercaspea, ghypshiopila, asparagus bintang, asparagus krisdoren, philoden, dromselloum, bunga balon, lagostrum, agaphanthus dan sedap malam gladiol. Melihat banyak industri yang bergerak pada bidang yang sejenis maka, PT.. Alam Indah Nusantara harus merumuskan strategi perusahaan yang tepat didalam menghadapi persaingan yang ada dan dapat menganalisis serta memanfaatkan factor-faktor lingkungan eksternal dan internal perusahaan Perumusan strategi ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap masukan (input stage) yang dilakukan dengan matrik Eksternal factor Evaluation (EFE) dan matrik Internal Factor Evaluation (IFE), tahap penyesuaian (matching stage) dilakukan dengan matrik SWOT (Strenght-Weakness-Opportunities-Threats), matrik SPACE (Strategic position and action Evaluation) dan matrik IE (Internal-Eksternal), tahap ketiga yaitu tahap keputusan (Decision Stage) dimana tahap ini dilakukan pemilihan alternatife strategi dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks dan perencanaan bisnis yang terdiri dari perencanaan pemasaran, perencanaan teknis operasionan serta perencanan keuangan. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa strategi yang paling menarik untuk diimplementasikan adalah strategi pengembangan pasar (market Development) yang berarti perusahaan harus berusaha memperluas pangsa pasarnya.Dalam pembuatan perencanaan bisnis PT.Alam Indah Bunga Nusantara akan berusaha mempertajam taktik bauran pemasaran melalui kegiatan promosi yang lebih agresif dan didalam kegiatan operasionalnya akan berusaha meningkatkan prosentase jumlah produksi serta melakukan peningkatan disemua bidang. Analisis keuangan perusahaan menunjukan bahwa kondisi keuangan perusahaan sangat baik dengan tingkat keuntungan yang terus meningkat