“MODEL PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DAERAH DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZYDAN RESOURCE-BASE VALUE (RBV) DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA PROVINSI MALUKU UTARA”
Main Author: | AKHMAD SUTONI, NPM : 148030016 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/28329/1/01.%20Cover.docx http://repository.unpas.ac.id/28329/2/03.%20ABSTRAK.docx http://repository.unpas.ac.id/28329/3/06.%20DAFTAR%20ISI.docx http://repository.unpas.ac.id/28329/4/10.%20BAB%20I.docx http://repository.unpas.ac.id/28329/5/11.%20BAB%20II.docx http://repository.unpas.ac.id/28329/6/16.%20Daftar%20Pustaka.docx http://repository.unpas.ac.id/28329/ |
Daftar Isi:
- Dayasaingindustridaerahmerupakankemampuanyang dimilikiolehdaerah (kabupaten/ kota) yang mempunyaikeunggulanstrategisdalamkegiatanindustriuntukpengolahanbahanbakumenjadibarangjadi. Kegiatanpendukung yang terkaitmeliputiaksespotensial, keunikan, danmempunyainilaitambah yang tinggi, yang mendorongterjadinya proses industrialisasipadatahapanpengolahanproduklanjutuntukmeningkatkannilaitambahdandayasaingdaerah.Pengembangandayasaingindustridaerahtidakterlepasdarikerangkapembangunandaerah.Sehingga, tujuanpengembanganProdukUnggulan Daerahdalamhaliniberupapeningkatandayasaingdaerahsejalandengantujuanpembangunandaerahitusendiri, yaitupeningkatankesejahteraanmasyarakat.UntukmembangundayasaingdaerahdiperlukanpenciptaandanpengembanganProdukUnggulan Daerah bagidaerahtersebut.Hal inidiperlukan agar seluruhsumberdayadankemampuan yang dimilikiolehdaerahtersebutdapatterfokuspadaupayauntukmenciptakandayasaingindustri.KabupatenKepulauan Sula memilikisumberdayaalam yang cukupbesar.Namunsampaidengansaatinibelumdapatdikelolasecara optimal karenaselainteknologi yang belummendukung, jugasaranapenunjangekonomibelummemadai.UntukmengembangkanProdukUnggulan Daerah dikabupatenKepulauan Sula makaharusdilakukanasesmen , menentukankriteria-kriteria, danmelakukanstartegiimplementasiProdukUnggulan Daerah.Asesmendilakukandenganmenggunakananalisis data, interview, questioner, danperhitungan LQ.PenentuanProdukUnggulan DaerahdenganmenggunakanpendekatanmetodeLogikaFuzzy.Analisisrantainilaiberdasarkananalisisaktivitasutama (aspek inbound logistik, operasidan proses produksi, outbound logistik, danaspekpemasarandanpenjualan); analisispendukung(pengembanganteknologi, dananalisisrantaipasok). Analisisstrategipengembanganberdasarkananalisis Gap, SWOT, dananalisis Resource-Based View (RBV).DenganmenggunakanpendekatanmetodeLogikaFuzzy makaProdukUnggulan Daerah terpilihyaituprodukolahanKelapa(Kopra), dengannilaioutput Fuzzy 3,77 (skalaLikert 1-5). Strategipengembangandidasarkanpadafaktoreksternaldanfaktor internal.StrategifaktorEksternaldenganmenggunakananalisis Gap dan SWOT. StrategifaktorInternal (levelkorporasi/ perusahaan) denganmenggunakananalisis RBV. Kata kunci :DayaSaing Industri, Fuzzy, RantaiNilai, Resource-Based View (RBV)