Daftar Isi:
  • Dayasaingindustridaerahmerupakankemampuanyang dimilikiolehdaerah (kabupaten/ kota) yang mempunyaikeunggulanstrategisdalamkegiatanindustriuntukpengolahanbahanbakumenjadibarangjadi. Kegiatanpendukung yang terkaitmeliputiaksespotensial, keunikan, danmempunyainilaitambah yang tinggi, yang mendorongterjadinya proses industrialisasipadatahapanpengolahanproduklanjutuntukmeningkatkannilaitambahdandayasaingdaerah.Pengembangandayasaingindustridaerahtidakterlepasdarikerangkapembangunandaerah.Sehingga, tujuanpengembanganProdukUnggulan Daerahdalamhaliniberupapeningkatandayasaingdaerahsejalandengantujuanpembangunandaerahitusendiri, yaitupeningkatankesejahteraanmasyarakat.UntukmembangundayasaingdaerahdiperlukanpenciptaandanpengembanganProdukUnggulan Daerah bagidaerahtersebut.Hal inidiperlukan agar seluruhsumberdayadankemampuan yang dimilikiolehdaerahtersebutdapatterfokuspadaupayauntukmenciptakandayasaingindustri.KabupatenKepulauan Sula memilikisumberdayaalam yang cukupbesar.Namunsampaidengansaatinibelumdapatdikelolasecara optimal karenaselainteknologi yang belummendukung, jugasaranapenunjangekonomibelummemadai.UntukmengembangkanProdukUnggulan Daerah dikabupatenKepulauan Sula makaharusdilakukanasesmen , menentukankriteria-kriteria, danmelakukanstartegiimplementasiProdukUnggulan Daerah.Asesmendilakukandenganmenggunakananalisis data, interview, questioner, danperhitungan LQ.PenentuanProdukUnggulan DaerahdenganmenggunakanpendekatanmetodeLogikaFuzzy.Analisisrantainilaiberdasarkananalisisaktivitasutama (aspek inbound logistik, operasidan proses produksi, outbound logistik, danaspekpemasarandanpenjualan); analisispendukung(pengembanganteknologi, dananalisisrantaipasok). Analisisstrategipengembanganberdasarkananalisis Gap, SWOT, dananalisis Resource-Based View (RBV).DenganmenggunakanpendekatanmetodeLogikaFuzzy makaProdukUnggulan Daerah terpilihyaituprodukolahanKelapa(Kopra), dengannilaioutput Fuzzy 3,77 (skalaLikert 1-5). Strategipengembangandidasarkanpadafaktoreksternaldanfaktor internal.StrategifaktorEksternaldenganmenggunakananalisis Gap dan SWOT. StrategifaktorInternal (levelkorporasi/ perusahaan) denganmenggunakananalisis RBV. Kata kunci :DayaSaing Industri, Fuzzy, RantaiNilai, Resource-Based View (RBV)