Pembangunan perangkat lunak penyiraman secara otomatis berbasis android (studi kasus penyiraman tanaman rumah)

Main Authors: ERWINS WIRADIHKA, 123040194, Ayi Purbasari, DS, Wanda Gusdya, DS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/28136/1/123040194_ABSTRAK_20162.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28136/2/123040194_BAB1_20162.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28136/3/123040194_cover_dll_20162.pdf
http://repository.unpas.ac.id/28136/
http://teknik.unpas.ac.id
Daftar Isi:
  • Penyiraman tanaman secara konvensional dirasa kurang efisien karena lamanya waktu dalam penyiraman tanaman. Tak hanya itu, penyiraman taman secara manual membutuhkan banyak tenaga dan air dalam melakukan penyiraman taman. Hal ini menyebabkan pemilik tidak bisa meninggalkan taman dalam waktu yang lama, karena taman dapat kekurangan air. sistem penyiraman otomatis yang baik, Sangat berguna terutama untuk mereka yang bepergian jauh dan tidak sempat untuk menyiram tanaman. Kadar air dan penyesuaian dengan kontur tanah juga menyebabkan sulitnya perawatan,karena tanaman mempunyai kebutuhan kadar air dan kelembaban yang berbeda-beda untuk setiap jenis tanaman. Teknologi rumah pintar seperti menggunakan sensor, menggunakan komputer atau bahkan smartphone. Sensor pada perangkat rumah pintar berfungsi untuk berbagai hal seperti penyiraman tanaman, mendeteksi keberadaan makhluk hidup, atau bahkan mendeteksi ancaman. Sedangkan untuk pengoperasian perangkat rumah pintar dengan menggunakan komputer atau smartphone diperlukan media komunikasi dan antarmuka aplikasi. Media komunikasi yang biasa digunakan untuk dapat menghubungkan perangkat rumah pintar dengan perangkat lunak yang dipasang pada komputer atau smartphone dapat melalui media komunikasi TP (Twisted Pair Cable), PLC (Power Line Communication), RF (Radio Frequency), atau Ethernet/IP (Internet Protokol). Penelitian ini dilakukan membantu masyarakat yang sering bepergian maupun sibuk dengan pekerjaan yang susah untuk mengatur waktu dalam menyiram tanaman dengan membangun perangkat lunak penyiraman tanaman secara otomatis ini terdiri dari perangkat keras yang dibangun dengan memanfaatkan Arduino. Hasil akhir dari penelitian ini adalah suatu perangkat lunak berbasis android yang memiliki standarisasi sebagai perangkat yang layak digunakan dilingkungan masyarakat. Perangkat lunak ini dapat dimanfaatkan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan penyiraman tanaman secara otomatis Kata Kunci : Penyiraman Tanaman Otomatis, Smart Garden, Android, Arduino