Pembangunan aplikasi pembelajaran pengenalan huruf menggunakan teknologi augmented reality (Studi Kasus: TK Islam Al-Azhar 3 Cirebon)
Main Authors: | REZALIA INGKAN PERLANTING, 123040272, Sandhika Galih Amalga, ds, Erik, DS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/27771/1/123040272_Abstrak_20162.pdf http://repository.unpas.ac.id/27771/2/123040272_BAB1_20162.pdf http://repository.unpas.ac.id/27771/3/123040272_Cover_20162.pdf http://repository.unpas.ac.id/27771/ http://teknik.unpas.ac.id |
Daftar Isi:
- Dalam penyampaian materi pembelajaran yang digunakan pada TK Islam Al-Azhar 3 Cirebon, pengajar dibantu alat peraga dan gambar pajangan berupa non-teknologi. Semakin berkembangnya teknologi di berbagai macam bidang. Gadget dapat menjadi sebagai media pembelajaran untuk dapat mengenal huruf alphabet sebagai tahapan awal dari pengenalan huruf pada kata. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi di bidang multimedia yang memungkinkan orang untuk memvisualisasikan dunia maya sebagai bagaian dari dunia nyata yang seakan terhubung dengan dunia nyata serta dapat berinteraksi. Langkah pembangunan dimulai dari melakukan identifikasi masalah yang terjadi, kemudian secara terurut menganalisis setiap komponen pembangunan augmented reality, pengumpulan data yang dilakukan dengan cara studi literatur, observasi, dan wawancara, melakukan pembangunan aplikasi menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yaitu membuat rancangan aplikasi (design), mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan (material collecting), pembangunan (assembly), pengujian (testing), dan diakhiri dengan pendistribusian (distribution), dan yang terakhir menentukan kesimpulan dan saran dari pembangunan aplikasi. Penelitian ini menghasilkan aplikasi augmented reality berbasis android yang diimplementasikan pada smartphone. Dibuatlah beberapa kartu pengenalan huruf yang akan menampilkan fitur dari gambar dua dimensi menjadi bentuk tiga dimensi dibantu dengan beberapa jenis benda sesuai dengan setiap huruf alphabet dengan adanya arahan pendamping seperti pengajar atau orang tua dalam penggunaannya. Kata kunci : Pengenalan Huruf, Aplikasi Pembelajaran, Augmented Reality, TK Islam Al-Azhar 3 Cirebon