Menentukan Nilai Parameter Terbaik Dalam Metode Insertion-11 Untuk Menyelesaikan Persoalan VRPTW

Main Authors: YOGA HASBI NURHAKIM, 123010221, Tjutju Tarliah.D, DS, Mohammad Syarwani, DS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/27653/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/27653/2/Abstraksi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/27653/3/BAB%20I%20yoga.pdf
http://repository.unpas.ac.id/27653/
http://teknik.unpas.ac.id
Daftar Isi:
  • Permasalahan vehicle routing problem with time windows (VRPTW ) merupakan masalah penting dalam manajemen logistik. Pada dasarnya persoalan ini adalah menentukan rute sejumlah kendaraan dengan kapasitas tertentu untuk mengirim komoditas kepada customer dengan kondisi dimana setiap customer telah menentapkan batasan awal dan akhir pengiriman. Pada penelitian ini akan membahas metode heuristik untuk menyelesaikan persoalan VRPTW, metode heuristik yang digunakan adalah InsertionHeuristik-I1, dimana dalam metode InsertionHeuristik-I1 solusi terhadap kriteria jarak dan waktu yang diperoleh akan dipengaruhi oleh nilai parameter μ, , , dan λ yang digunakan namun tidak ada rumusan yang menentukan berap nilai parameter terbaik untuk digunakan agar memperoleh solusi terbaik, oleh karena itu perlu dilakukan percobaan mengubah nilai parameter dengan nilai yang berbeda untuk setiap parameter pada persoalan dengan kondisi data tertentu. Percobaan yang dilakukan yaitu dengan cara merubah niali parameter sesuai skenario yang telah dibuat untuk menyelesaikan persoalan VRPTW dengan kapasitas kendaraan 30 unit dan 20 unit, peroses perhitungan yang dilakukan sebanyak 486 kali proses perhitungan dengan besaran ongkos diasumsikan proposional terhadap jarak dan waku. Hasil pengolah data didapatkan jarak terpendek untuk perubahan parameter dengan kapasitas kendaraan 30 unit adalah 106.8 km dengan perubahan parameter yang bervarian sebayak 38 perubahan parameter, dan untuk kapasitas kendaraan 20 unit jarak terpendek yang dudapatkan adalah 109.1 km dengan perubahan parameter yang bervarian sebanyak 38 perubahan parameter. Kata kunci: vehicle routing, time window, heuristik, InsertionHeuristik-I1