MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS DAN EFIKASI DIRI SISWA
Main Author: | Abdul Rahman, NPM : 158060016 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/27642/1/ARTIKEL%20TESIS%20ABDUL%20RAHMAN%2C.docx http://repository.unpas.ac.id/27642/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih menjadi permasalah yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika, begitu juga dengan keyakinan (efikasi) diri siswa dalam menyelesaikan permasalahan soal matematika masih perlu ditingkatkan, penerapan model pembelajaran discovery learning dapat menjadialternatif solusi.Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menelaah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan peningkatan efikasi diri siswa yang mendapatkan pembelajan discovery learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Metode penelitiannya metode campuran dengan model penyisipan (embedded model). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Setia Bhakti Bandung dengan mengambil dua sampel yakni kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning,dan VIII-B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensinal. Instrumen adalahsoal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket efikasi diri siswa, lembar observasi dan wawancara.Data dianalisis menggunkan uji statistik parametric ataunon-parametric.Dari penelitian yang dilakuan didapat kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran discovery learning lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan efikasi diri siswa yang mendapatkan pembelajaran discovery learninglebih lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, serta terdapat korelasi yang positif antara kemampuan berpikir kreatif metematis dengan efikasi diri siswa. Kata Kunci :Discovery Learning, Berpikir Kreatif Matematis, Efikasi Diri.