MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN SELF CONFIDENCE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE

Main Author: Asep Nurdin, NPM : 158060024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/27638/1/ARTIKEL%20Asep%20Nurdin.docx
http://repository.unpas.ac.id/27638/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan mateamatis siswa adalah dengan melakukan pengembangan dan perbaikan dalam pemilihan strategi pembelajaran yang dapat mendorong kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa, serta membangun kepercayaan diri siswa di dalam kelas. Diantara strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalahstrategi pembelajaran Think Talk Write.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswaserta pengembanganself confidencedengan strategi pembelajaran Think Talk Write. Metode yang digunakan adalah metode penelitian campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan kuasi eksperimen dan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel penelitian dipilih adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan penalaran matematis masing-masing terdiri dari soal pretes dan postes serta angket self confidence. Teknik analisis data meliputi 1) independent sample test untuk mengetahui perbedaan peningkatan komunikasi dan penalaran matematis secara keseluruhan, 2) uji Mann-Whitney U untuk mendeskripsikan perbedaan komunikasi dan penalaran matematissiswa serta self confidence, 3) uji korelasi untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara variabel.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa komunikasi dan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya dengan strategi pembelajaran Think Talk Write lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya dengan pembelajaran konvensional. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahawa terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi dengan penalaran matematis, tetapi tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi dengan self confidenceserta kemampuan penalaran matematisdengan self confidencesiswa. Kata Kunci :Kemampuan komunikasi, kemampuan penalaran,self confidence, strategi pembelajaran Think Talk Write.