Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh audit internal terhadap pengendalian internal penjualan e-ticket dan dampaknya terhadap pencegahan fraud pada PT Kereta Api Indonesia (Persero). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif serta dengan menggunakan data primer. Responden dalam penelitian ini adalah auditor internal pada bagian Satuan Pengawas Internal (SPI) PT Kereta Api Indonesia (Persero). Analisis statistik yang digunakan di dalam penelitian ini adalah analis uji validitas dan uji reliabilitas, analisis koefisien korelasi, analisis jalur (path), pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji t, serta analisis koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS v21. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa audit internal berpengaruh sebesar 33,5% terhadap pengendalian internal penjualan e-ticket, sedangkan sisanya 66,5% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti misalnya sistem informasi akuntansi, kebijakan perusahaan, dsb, secara parsial audit internal berpengaruh sebesar 52,4% terhadap pencegahan fraud, dan secara parsial pengendalian internal penjualan e-ticket berpengaruh sebesar 34,0% terhadap pencegahan fraud. Kata Kunci: Audit internal, pengendalian internal penjualan e-ticket, pencegahan Fraud.