PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP INOVASI PRODUK (Studi pada PT Bio Farma (Persero))

Main Author: Asfari Hanindya Rahayu, 134020205
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/27520/1/0%20COVER.docx
http://repository.unpas.ac.id/27520/2/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/27520/3/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/27520/4/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/27520/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan akuntansi manajemen lingkungan dan strategi bisnis terhadap inovasi produk. Sampel penelitian ini adalah Account Representative dan teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan teknik sampling dari seluruh karyawan bagian akuntansi manajemen, pemasaran dan penelitian dan pengembangan pada PT Bio Farma (persero). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui data primer dengan menyebarkan kuisioner. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji korelasi, koefisien determinasi, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada model sub-struktur pertama dapat dilihat bahwa secara parsial besarnya pengaruh akuntansi manajemen lingkungan terhadap inovasi produk sebesar 26,7%, sedangkan besarnya pengaruh strategi bisnis terhadap inovasi produk adalah 28,1%. Pada pengujian yang dilakukan simultan besarnya pengaruh akuntansi manajemen lingkungan dan strategi bisnis terhadap inovasi produk adalah 54,8% dan sisanya 45,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: akuntansi manajemen lingkungan, strategi bisnis, inovasi produk