PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA ORGANISASI (Survey pada Perusahaan UKM Bidang Produk Kreatif di Provinsi Jawa Barat)
Main Author: | Dewi Yuliati Indah, NPM. 139010024 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/27285/1/Dewi%20Yuliati%20Indah_Artikel%202017.doc http://repository.unpas.ac.id/27285/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui, mengkaji dan memperoleh hasil analisis mengenai modal intelektual yang terdiri dari modal manusia, modal struktural, modal pelanggan dan mengetahui pengaruhnya terhadap keunggulan bersaing serta implikasinya pada kinerja organisasi di perusahaan UKM bidang produk kreatif Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory survey dengan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Sample dalam penelitian ini adalah pegawai dan pemilik UKM produk kreatif di Provinsi Jawa Barat dengan metode proporsional random sampling. Data di analisis dengan menggunakan teknik data primer dan sekunder. Secara umum penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Terdapat pengaruh secara simultan modal manusia (Human Capital), modal struktural (Structural Capital) dan modal pelanggan (Costumer Capital) terhadap keunggulan bersaing. 2). Terdapat pengaruh modal manusia (Human Capital) terhadap keunggulan bersaing. 3). Terdapat pengaruh Modal struktural (Structural Capital) terhadap keunggulan bersaing. 4). Terdapat pengaruh Modal pelanggan (Costumer Capital) terhadap keunggulan bersaing. 5). Terdapat pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja organisasi. Kata Kunci : Modal Intelektual, Modal Manusia, Modal Struktural, Modal Pelanggan, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Organisasi