PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIK SERTA MOTIVASI BELAJAR
Main Author: | Setio Priyono, NPM. 158060017 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/27224/1/Artikel%20Setio%20Priyono%20158060017.docx http://repository.unpas.ac.id/27224/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah peningkatan kemampuan pemahaman dan kemampuan representasi matematik dan pengembangan motivasi belajar, antara siswa yang mendapatkan model problem based learning berbantuan geogebra dengan siswa yang mendapatkan model problem based learning tanpa berbantuan geogebra. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIAdi SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas XII MIA. Kelas eksperimen mendapatkan model problem based learning berbantuan geogebra dan kelas kontrol mendapatkan model problem based learning tanpa berbantuan geogebra. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman, representasi, angket motivasi belajar, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan represenstasi matematik siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan geogebra lebih baik dari pada menggunakan model problem based learning tanpa berbantuan media software geogebra (2) Peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan geogebra tidak lebih baik atau sama dengan menggunakan model problem based learning tanpa berbantuan media software geogebra (3) Terdapat hubungan positif antara peningkatan kemampuan representasi dengan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa, antara peningkatan kemampuan representasi dengan motivasi belajar siswa, serta antara peningkatan kemampuan pemahaman dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Problem based learning, geogebra, pemahaman matematik, representasi matematik, motivasi belajar