ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU BERSERTIFIKASI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA BANJAR (Studi Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan)

Main Author: Ade Setiana, NPM : 109213004
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/27211/1/Sampul%20Ade%20Setiana%20S3.doc
http://repository.unpas.ac.id/27211/2/Abstrak%20Ade%20S%20S3.doc
http://repository.unpas.ac.id/27211/3/Bab%201%2C2%2C3%20Ade%20S%20S3.docx
http://repository.unpas.ac.id/27211/4/Kata%20Pengantar%20Disertasi%20Ade%20S.doc
http://repository.unpas.ac.id/27211/
Daftar Isi:
  • Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Kinerja Guru Bersertifikasi pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjar rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh implementasi kebijakan dan disiplin kerja yang belum dilaksanakan secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, yaitu untuk mendapatkan gambaran dari masing-masing variabel serta menguji pengaruh dari variabel-variabel tersebut. Untuk melakukan analisis data digunakan teknik statistik deskriptif yang berfungsi untuk mengelompokkan data, menggarap, menyimpulkan, memaparkan serta menyajikan hasil olahan. Hal ini bertujuan untuk melakukan pola hubungan atau sebab akibat antara nilai suatu variabel (variable dependen) jika nilai variabel yang lain berhubungan dengannya (variable independen). Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, yang dimaksudkan untuk melakukan pengujian hipotesis serta untuk melakukan interpretasi secara mendalam. Secara simultan, implementasi kebijakan dan disiplin kerja memberi pengaruh besar dan signifikan terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjar, yaitu sebesar 76,1% sedangkan epsilonnya atau variabel lain yang tidak diteliti tetapi turut serta mempengaruhi kinerja guru adalah sebesar 23,9%. Implementasi kebijakan secara parsial memberi pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjar sebesar 47,6%. Adapun dimensi Implementasi kebijakan yang pengaruhnya paling besar sampai terkecil terhadap kinerja guru bersertifikasi secara berurutan adalah dimensi komunikasi antar organisasi terkait dan kegiatan pelaksana (12,4%), sumber-sumber kebijakan (10,7%), lingkungan eksospol (9,2%), ciri-ciri/sifat badan/instansi pelaksana (6,7%), ukuran dan tujuan kebijakan (4,3%), dan sikap para pelaksana (4,2%). Disiplin kerja secara parsial telah memberikan pengaruh yang siginifikan terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjar sebesar 28,5%. Adapun dimensi yang pengaruhnya paling besar sampai terkecil terhadap kinerja guru bersertifikasi secara berurutan adalah dimensi sanksi (11,4%), peraturan dan tata tertib (10,6%), dan dimensi pembinaan (6,5%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa implementasi kebijakan dan disiplin kerja menjadi prioritas utama dan mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh di dalam pelaksanaannya agar Kinerja Guru Bersertifikasi pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjar meningkat.