PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DANKREATIVITAS SISWAKELAS VIISMPN I KARAWANG TIMUR KABUPATEN KARAWANGTAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | EKA HELAHATIN EFFENDI, NPM : 148090009 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/27028/1/COVER.docx http://repository.unpas.ac.id/27028/2/Daftar%20Isi.docx http://repository.unpas.ac.id/27028/3/ABSTRAK.docx http://repository.unpas.ac.id/27028/4/BAB%20I.docx http://repository.unpas.ac.id/27028/5/BAB%20II.docx http://repository.unpas.ac.id/27028/ |
Daftar Isi:
- Effendi,EkaHelahatin. 2017. Penerapan Model Problem Based LearninguntukMeningkatkanKemampuanMemproduksiTeksLaporanHasilObservasidanKreativitasSiswaKelas VII SMPN I KarawangTimurKabupatenKarawangTahunPelajaran 2016/2017. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa danSastraIndonesia,Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing:(I) Dr. TitinNurhayatin, M.Pd.,(II) Dr. H. Kunkun K. Harnadi, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri I KarawangTimur. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan pesertadidikdalam memproduksitekslaporanhasilobservasidankreativitas. Penelitian ini menerapkan model problem based learning. Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu, Adakahpengaruhpenggunaan model problem based learning terhadappeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasisiswa? Terdapatpengaruhpenggunaanmodel problem based learningterhadappeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasisiswameningkatsebesar 0,229. Apakahpengaruhpenggunaan model problem based learninglebihbaikdaripadapenggunaan model konvensionaldalampeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasisiswa? Pengaruhpenggunaanmodel problem based learningsebesar 2% danpembelajarankonvensionalsebesar 0,6%.Antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran terlihat dari hasil observasi yang dilakukan.Adakahpengaruhpenggunaan model problem based learning terhadappeningkatankemampuankreativitasdalammemproduksitekshasilobservasisiswa? Terdapatpengaruhpenggunaanmodel problem based learningterhadappeningkatankemampuankreativitassiswameningkatsebesar0,028.Apakahpengaruhpenggunaan model problem based learninglebihbaikdaripadapenggunaan model konvensionaldalampeningkatankreativitassiswa? Pengaruhpenggunaan model problem based learningsebesar 8,9% danpembelajarankonvensionalsebesar 0,3%. Respons dan antusias peserta didik telihat dalam melakukan pengamatan terhadap suatu objek serta dapat menguraikanpermasalahanhinggamenyelesaikanmasalah.Adakahpengaruhpenggunaan model problem based learning terhadappeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasidankreativitassiswa? Terdapatpengaruhpenggunaan model problem based learning terhadappeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasidankreativitassiswa. Penerapan model problem based learningmenarikdanmenyenangkanbagipesertadidikdalamkegiatanpembelajaran.Berdasarkan data angket, observasi, danwawancara yang dilakukanpesertadidik memberikan respon positif, antusias, aktif, dankreatifmengikutipembelajaran. Kata-kata kunci: model problem based learning,tekslaporanhasilobservasi,kreativitas.