Daftar Isi:
  • Marketing dalam kegiatan promosinya tentu sangat diperlukan alat bantuMarketing yang dapat menunjang kegiatan promosi tersebut, yang dilakukan pada periode tertentu dengan jumlah tertentu yang dibutuhkan setiap periodenya. Namun, pada saat pelaksanaan promosi tersebut ditemukan banyak data yang tidak terekam dikarenakan banyak faktor kesalahan dari proses perekaman data alat bantuMarketing yang digunakan, sehingga memakan banyak waktu untukpencatatan ulang dari data-data yang dibutuhkan. Ketersediaan data juga seringkali menghambat manager marketing melihat perkembangan keberadaan alat bantu marketing secara current time. Maka dari itu, diusulkan tugas akhir ini dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Pemantauan Alat Bantu Marketing (Studi Kasus : Telkom University)”. Kerangka awal penyusunan tugas akhir ini, yaitu melakukan studi literature dan wawancara kepada yang bersangkutan.Dari hasil tersebut maka ditetapkanlah metodologi yang digunakan mengadopsistagerequirements analys dan requirement specification dari metodologi SSADM. Sistem Informasi Pemantauan Alat Bantu Marketing merupakan suatu sistem informasi yang mempertemukan kebutuhan pemantauan sehinggadapat mengetahui keberadaan dari alat bantuMarketing yang digunakan padasistem untuk aktifitas kegiatan yang dilakukan oleh tim Marketing. Alat bantuMarketing dapat berupa, Periklanan, Penjualan Perorangan, atau Promosi Penjualan. Sistem informasi ini akan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh tim Marketing, seperti jadwal kegiatan alat bantu marketing, jadwal pemantauan untuk melakukan promosi pada konsumen, pemantauan alat-alat bantu marketing, dan sebagainya. Selain itu, system informasi ini akan mempermudah bagian markreting untuk mempermudah dalam penyaluran atau mendapatkan dokumen-dokumen pendukung alat bantu marketing. Hal-hal tersebut merupakan hasil yang diharapkan dengan adanya tugas akhir ini. Kata Kunci : Marketing, pemantauan, alat bantu Marketing, promosi