PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIWIDEY TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: LINDA NURSYAIDAH, 115030138
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/2300/1/cover.docx
http://repository.unpas.ac.id/2300/2/ABSTRAK.docx
http://repository.unpas.ac.id/2300/3/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/2300/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah sangatlah penting. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai adalah menulis. Untuk itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul: “Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Metode Active Knowledge Sharing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ciwidey Tahun Pelajaran 2015/2016”. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah; (1) Mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan menggunakan metode active knowledge sharing pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciwidey?; (2) Mampukah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciwidey melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi?; (3) Efektifkah metode active knowledge sharing digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciwidey? Hipotesis yang penulis rumuskan adalah; (1) Penulis mampu merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran memprodukksi teks eksplanasi dengan menggunakan metode active knowledge sharing pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciwidey; (2) Metode active knowledge sharing efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciwidey. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitian; 1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan, pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan menggunakan metode active knowledge sharing pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciwidey. Hal ini terbukti dengan hasil nilai rata-rata 85,3. Kemampuan penulis termasuk kategori baik; 2) Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciwidey mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan baik. Hal ini terbukti pada adanya perbedaan hasil nilai pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes yaitu 42,6 sedangkan nilai rata-rata postes yaitu 85,3. Peningkatannya sebesar 18,7%; 3) Metode active knowledge sharing efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciwidey. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji statistik thitung > ttabel yakni 12,5 > 2,34 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 19. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Memproduksi Teks Eksplanasi, Metode Active Knowledge Sharing.