PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PEDULI LINGKUNGAN SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Main Author: | ALDI IKMAL, 115060229 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/2106/1/Cover%20dan%20Lembar%20pengesahan%20Skripsi.pdf http://repository.unpas.ac.id/2106/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/2106/3/BAB%20I%20pendahuluan.pdf http://repository.unpas.ac.id/2106/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berisi tentang penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan peduli lingkungan serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mekar Jaya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung pada mata pelajaran IPA dengan Standar Kompetensi Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan dan Kompetensi Dasar mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model Problem Based Learning berguna untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan peduli lingkungan serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh persiklusnya yaitu : siklus I siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 53,3% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 46,7% , dan siklus II siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 93% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 7%. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Sikap rasa ingin tahu, dan Hasil Belajar Siswa.