P enerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning ( Teknik Jigsaw ) u ntuk Meningkatkan Motivasi d an Prestasi Belajar Siswa k e las IV SDN J e rukmipis d alam Pembelajaran IPS p ada Pokok Bahasan Peta Lingkungan Setempat (Penilitian Tindakan Kelas IV SDN Jerukmipis Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung )
Main Author: | R ijal manik, 11 5060089 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/2072/1/Abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/2072/2/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/2072/3/cover%20rizal.pdf http://repository.unpas.ac.id/2072/ |
ctrlnum |
2072 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/2072/</relation><title>P
enerapan 
Model Pembelajaran Cooperative Learning 
(
Teknik Jigsaw
)
u
ntuk Meningkatkan Motivasi 
d
an Prestasi Belajar Siswa 
k
e
las IV SDN 
J
e
rukmipis 
d
alam Pembelajaran 
IPS 
p
ada Pokok Bahasan Peta Lingkungan 
Setempat
(Penilitian Tindakan Kelas 
IV SDN Jerukmipis Kecamatan 
Solokan Jeruk 
Kabupaten Bandung
)</title><creator>R ijal manik, 11 5060089</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian 
Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualit
as 
pembelajaran di SDN Jerukmipis
Bandung khususnya di kelas 
I
V pada mata 
pelajara IPS tentang P
eta 
L
ingkungan 
S
etempat
dengan menggunakan model 
cooperative learning
teknik
Jigsaw
. Penel
itian ini dilatar belakangi dengan 
adanya temuan masalah yang ditemui oleh peneliti p
ada saat melaksanakan 
observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan motivasi belajar peserta 
didik sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun sehingga meny
ebabkan 
50% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. 
Permasalah
an
ini muncul disebabkan karena guru kurang melibatkan siswa secara 
aktif selama proses pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa masih rendah 
yang menyebabkan
siswa menjadi bosan dan malas untuk mengikuti 
pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri 
dari 1 kali pertemuan atau pembelajaran, adapun tahapan dalam penelitian yaitu 
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, anal
isis dan refleksi. Intrumen yang 
digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil 
belajar yang dilakukan melalui post tes.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklusny
a. Jika dilihat 
dari hasil belajar pa
da siklus I dari jumlah siswa 25
or
ang, siswa yang mencapai 
KKM 73
%. Pada siklus ke
-
II terdapat peningkatan si
swa yang mencapai KKM 
sebesar 92
%.
Sedangkan dari motivasi belajar siswa pada siklus I siswa yang 
me
mperoleh 
menunjukkan kriterian ketuntasan sebesar 73% dengan kriteria baik 
selanjutnya pada siklus ke
-
II meningkat menjadi 92% dengan kriteria sangat baik. 
Dari penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelaj
aran dengan 
menerapkan model 
Cooperative Learni
ng 
teknik
Jigsaw
dapat meningkatkan 
motivasi dan hasil belajar siswa kelas 
I
V SDN Jerukmipis Bandung pada mata 
pelajaran IPS tentang Peta Lingkungan Setempat
. 
Kata Kunci
: Motivasi d
an Prestasi 
Belajar Siswa. Model 
Cooperative Learning 
T
eknik 
Jigsaw
.</description><date>2016-04-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/2072/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/2072/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/2072/3/cover%20rizal.pdf</identifier><identifier> R ijal manik, 11 5060089 (2016) P enerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning ( Teknik Jigsaw ) u ntuk Meningkatkan Motivasi d an Prestasi Belajar Siswa k e las IV SDN J e rukmipis d alam Pembelajaran IPS p ada Pokok Bahasan Peta Lingkungan Setempat (Penilitian Tindakan Kelas IV SDN Jerukmipis Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas. </identifier><recordID>2072</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
R ijal manik, 11 5060089 |
title |
P
enerapan
Model Pembelajaran Cooperative Learning
(
Teknik Jigsaw
)
u
ntuk Meningkatkan Motivasi
d
an Prestasi Belajar Siswa
k
e
las IV SDN
J
e
rukmipis
d
alam Pembelajaran
IPS
p
ada Pokok Bahasan Peta Lingkungan
Setempat
(Penilitian Tindakan Kelas
IV SDN Jerukmipis Kecamatan
Solokan Jeruk
Kabupaten Bandung
) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/2072/1/Abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/2072/2/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/2072/3/cover%20rizal.pdf http://repository.unpas.ac.id/2072/ |
contents |
Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualit
as
pembelajaran di SDN Jerukmipis
Bandung khususnya di kelas
I
V pada mata
pelajara IPS tentang P
eta
L
ingkungan
S
etempat
dengan menggunakan model
cooperative learning
teknik
Jigsaw
. Penel
itian ini dilatar belakangi dengan
adanya temuan masalah yang ditemui oleh peneliti p
ada saat melaksanakan
observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan motivasi belajar peserta
didik sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun sehingga meny
ebabkan
50% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan.
Permasalah
an
ini muncul disebabkan karena guru kurang melibatkan siswa secara
aktif selama proses pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa masih rendah
yang menyebabkan
siswa menjadi bosan dan malas untuk mengikuti
pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri
dari 1 kali pertemuan atau pembelajaran, adapun tahapan dalam penelitian yaitu
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, anal
isis dan refleksi. Intrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil
belajar yang dilakukan melalui post tes.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklusny
a. Jika dilihat
dari hasil belajar pa
da siklus I dari jumlah siswa 25
or
ang, siswa yang mencapai
KKM 73
%. Pada siklus ke
-
II terdapat peningkatan si
swa yang mencapai KKM
sebesar 92
%.
Sedangkan dari motivasi belajar siswa pada siklus I siswa yang
me
mperoleh
menunjukkan kriterian ketuntasan sebesar 73% dengan kriteria baik
selanjutnya pada siklus ke
-
II meningkat menjadi 92% dengan kriteria sangat baik.
Dari penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelaj
aran dengan
menerapkan model
Cooperative Learni
ng
teknik
Jigsaw
dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa kelas
I
V SDN Jerukmipis Bandung pada mata
pelajaran IPS tentang Peta Lingkungan Setempat
.
Kata Kunci
: Motivasi d
an Prestasi
Belajar Siswa. Model
Cooperative Learning
T
eknik
Jigsaw
. |
id |
IOS3183.2072 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-09-24T05:05:36Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:16:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044868873814016 |
score |
17.538404 |