P enerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning ( Teknik Jigsaw ) u ntuk Meningkatkan Motivasi d an Prestasi Belajar Siswa k e las IV SDN J e rukmipis d alam Pembelajaran IPS p ada Pokok Bahasan Peta Lingkungan Setempat (Penilitian Tindakan Kelas IV SDN Jerukmipis Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung )

Main Author: R ijal manik, 11 5060089
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/2072/1/Abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/2072/2/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/2072/3/cover%20rizal.pdf
http://repository.unpas.ac.id/2072/
ctrlnum 2072
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/2072/</relation><title>P&#xD; enerapan &#xD; Model Pembelajaran Cooperative Learning &#xD; (&#xD; Teknik Jigsaw&#xD; )&#xD; u&#xD; ntuk Meningkatkan Motivasi &#xD; d&#xD; an Prestasi Belajar Siswa &#xD; k&#xD; e&#xD; las IV SDN &#xD; J&#xD; e&#xD; rukmipis &#xD; d&#xD; alam Pembelajaran &#xD; IPS &#xD; p&#xD; ada Pokok Bahasan Peta Lingkungan &#xD; Setempat&#xD; (Penilitian Tindakan Kelas &#xD; IV SDN Jerukmipis Kecamatan &#xD; Solokan Jeruk &#xD; Kabupaten Bandung&#xD; )</title><creator>R ijal manik, 11 5060089</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian &#xD; Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualit&#xD; as &#xD; pembelajaran di SDN Jerukmipis&#xD; Bandung khususnya di kelas &#xD; I&#xD; V pada mata &#xD; pelajara IPS tentang P&#xD; eta &#xD; L&#xD; ingkungan &#xD; S&#xD; etempat&#xD; dengan menggunakan model &#xD; cooperative learning&#xD; teknik&#xD; Jigsaw&#xD; . Penel&#xD; itian ini dilatar belakangi dengan &#xD; adanya temuan masalah yang ditemui oleh peneliti p&#xD; ada saat melaksanakan &#xD; observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan motivasi belajar peserta &#xD; didik sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun sehingga meny&#xD; ebabkan &#xD; 50% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. &#xD; Permasalah&#xD; an&#xD; ini muncul disebabkan karena guru kurang melibatkan siswa secara &#xD; aktif selama proses pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa masih rendah &#xD; yang menyebabkan&#xD; siswa menjadi bosan dan malas untuk mengikuti &#xD; pembelajaran.&#xD; Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri &#xD; dari 1 kali pertemuan atau pembelajaran, adapun tahapan dalam penelitian yaitu &#xD; tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, anal&#xD; isis dan refleksi. Intrumen yang &#xD; digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil &#xD; belajar yang dilakukan melalui post tes.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya &#xD; peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklusny&#xD; a. Jika dilihat &#xD; dari hasil belajar pa&#xD; da siklus I dari jumlah siswa 25&#xD; or&#xD; ang, siswa yang mencapai &#xD; KKM 73&#xD; %. Pada siklus ke&#xD; -&#xD; II terdapat peningkatan si&#xD; swa yang mencapai KKM &#xD; sebesar 92&#xD; %.&#xD; Sedangkan dari motivasi belajar siswa pada siklus I siswa yang &#xD; me&#xD; mperoleh &#xD; menunjukkan kriterian ketuntasan sebesar 73% dengan kriteria baik &#xD; selanjutnya pada siklus ke&#xD; -&#xD; II meningkat menjadi 92% dengan kriteria sangat baik. &#xD; Dari penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelaj&#xD; aran dengan &#xD; menerapkan model &#xD; Cooperative Learni&#xD; ng &#xD; teknik&#xD; Jigsaw&#xD; dapat meningkatkan &#xD; motivasi dan hasil belajar siswa kelas &#xD; I&#xD; V SDN Jerukmipis Bandung pada mata &#xD; pelajaran IPS tentang Peta Lingkungan Setempat&#xD; . &#xD; Kata Kunci&#xD; : Motivasi d&#xD; an Prestasi &#xD; Belajar Siswa. Model &#xD; Cooperative Learning &#xD; T&#xD; eknik &#xD; Jigsaw&#xD; .</description><date>2016-04-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/2072/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/2072/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/2072/3/cover%20rizal.pdf</identifier><identifier> R ijal manik, 11 5060089 (2016) P enerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning ( Teknik Jigsaw ) u ntuk Meningkatkan Motivasi d an Prestasi Belajar Siswa k e las IV SDN J e rukmipis d alam Pembelajaran IPS p ada Pokok Bahasan Peta Lingkungan Setempat (Penilitian Tindakan Kelas IV SDN Jerukmipis Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas. </identifier><recordID>2072</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author R ijal manik, 11 5060089
title P enerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning ( Teknik Jigsaw ) u ntuk Meningkatkan Motivasi d an Prestasi Belajar Siswa k e las IV SDN J e rukmipis d alam Pembelajaran IPS p ada Pokok Bahasan Peta Lingkungan Setempat (Penilitian Tindakan Kelas IV SDN Jerukmipis Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung )
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/2072/1/Abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/2072/2/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/2072/3/cover%20rizal.pdf
http://repository.unpas.ac.id/2072/
contents Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualit as pembelajaran di SDN Jerukmipis Bandung khususnya di kelas I V pada mata pelajara IPS tentang P eta L ingkungan S etempat dengan menggunakan model cooperative learning teknik Jigsaw . Penel itian ini dilatar belakangi dengan adanya temuan masalah yang ditemui oleh peneliti p ada saat melaksanakan observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan motivasi belajar peserta didik sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun sehingga meny ebabkan 50% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Permasalah an ini muncul disebabkan karena guru kurang melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa masih rendah yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan malas untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 1 kali pertemuan atau pembelajaran, adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, anal isis dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar yang dilakukan melalui post tes.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklusny a. Jika dilihat dari hasil belajar pa da siklus I dari jumlah siswa 25 or ang, siswa yang mencapai KKM 73 %. Pada siklus ke - II terdapat peningkatan si swa yang mencapai KKM sebesar 92 %. Sedangkan dari motivasi belajar siswa pada siklus I siswa yang me mperoleh menunjukkan kriterian ketuntasan sebesar 73% dengan kriteria baik selanjutnya pada siklus ke - II meningkat menjadi 92% dengan kriteria sangat baik. Dari penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelaj aran dengan menerapkan model Cooperative Learni ng teknik Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas I V SDN Jerukmipis Bandung pada mata pelajaran IPS tentang Peta Lingkungan Setempat . Kata Kunci : Motivasi d an Prestasi Belajar Siswa. Model Cooperative Learning T eknik Jigsaw .
id IOS3183.2072
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:05:36Z
last_indexed 2017-07-10T03:16:26Z
recordtype dc
_version_ 1766044868873814016
score 17.538404