PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA TEMA DOKUMEN DIRI DAN KELUARGA

Main Author: OFA CH PUDIN, 115060295
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/187/1/abstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/187/2/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/187/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divison (STAD) pada materi Dokumen Diri dan Keluarga, Kelas II SD Negeri Pasirluyu Kecamatan Regol Kota Bandung, permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru hanya dengan menggunakan metode Terangkan Catat Latihan (TCL), sehingga berdasarkan penelitian awal untuk ketuntasan dalam belajar memiliki persentase sebesar 28% Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) berguna untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Nuraida, 2011, h. 46). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan observasi. Dengan menggunakan instrumen tes, angket, dan observasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus, secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada perencanaan pembelajaran siklus I memperoleh persentase 63%, Siklus II 75%, dan Siklus III 88%. Sedangkan untuk proses pembelajaran siklus I memperoleh persentase 60%, siklus II 85%, dan siklus III 95%. Untuk kerjasama yang terdiri dari kognitif produk (P1), kognitif proses (P2) 56%, siklus II kognitif produk (P1) 52%, kognitif proses (P2) 80%, siklus III kognitif produk (P1) 80%, kognitif proses (P2) 92%, kerjasama dan hasil belajar dalam afektif karakter siklus I memperoleh persentase keseluruhan sebesar 75,92%, siklus II 63,04%, dan siklus III 80,64%. Afektif keterampilan sosial siklus I memperoleh persentase keseluruhan sebesar 36%, siklus II 67,73%, dan siklus III 81%. Dari data tersebutdapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divison (STAD) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada tema dokumen diri dan keluarga kelas II SD Negeri Pasirluyu Kecamatan Regol Kota Bandung. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Kerjasama dan Hasil Belajar