UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) (Penelitian Tindakan Kelas: SMP IT At-Taufiq Al-Islamy Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2015/2016)

Main Author: Yuvi Nuri Khoeriyah, NPM. 138060095
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/1853/1/138060095_Yuvi%20Nuri%20Khoeriyah.docx
http://repository.unpas.ac.id/1853/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah lemahnya siswa kelas VII SMP IT At-Taufiq Al-Islamy dalam kemampuan berpikir kritis matematis dan banyaknya siswa yang miskonsepsi. Sebagai alternatif dalam memecahkan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui meningkatnya kemampuan berpikir kritis matematis, berkurangnya miskonsepsi siswa, serta pengaruh miskonsepsi siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran SQ3R. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP IT At-Taufiq Al-Islamy. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan berpikir kritis matematis dan miskonsepsi, pedoman wawancara serta lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan skor rata-rata dan persentase. Hasil temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (i) Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.(ii) Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) dapat mengurangi miskonsepsi siswa.(iii) Miskonsepsi siswa berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: berpikir kritis matematis; miskonsepsi; SQ3R