Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS

Main Author: Silmi Nurfaridah, 115060297
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/1823/1/cover.docx
http://repository.unpas.ac.id/1823/2/abstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/1823/3/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/1823/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di SD Negeri Coblong Bandung, khususnya di kelas IV pada mata pelajaran IPS tentang Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang peneliti temukan pada saat melaksanakan observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Coblong Bandung dalam pembelajaran IPS pada materi Keragaman Sosial dan Budaya berdasarkan Kenampakan Alam melalui model Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Dari kreativitas siswa pada siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 78,38% dengan kategori baik, selanjutnya pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 89,19% dengan kategori sangat baik, sedangkan prestasi belajar pada siklus I dengan jumlah siswa 37 siswa yang mencapai KKM 51,35%, selanjutnya pada siklus II terdapat peningkatan siswa yang mencapai KKM sebesar 78,37%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Coblong Bandung pada mata pelajaran IPS tentang Keragaman Sosial dan Budaya berdasarkan Kenampakan Alam. Kata Kunci: Kreativitas, Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran, Problem Based Learning.