PEMBELAJARA N MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: ADE LIA ROSMIATI, 1150300 15
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/1782/1/01.COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/1782/2/5.ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/1782/3/13.%20BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/1782/
Daftar Isi:
  • vi PEMBELAJARAN MEN GANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ABSTRAK Menganalisis adalah melakukan pemeriksaan menda lam pada suatu per soalan untuk memperoleh suatu hasil . M enganalisis unsur intrinsik cerpen merupakan proses dari m enelaah data secara keseluruhan dan secara mendalam mengenai un sur intrinsik suatu karya sastra yang bertujuan agar lebih memahami karya sastra yang dibaca . C er pen adalah suatu bentuk prosa fiksi yang memiliki wujud fisik cerita yang pendek, yang bisa dibaca dalam sekali duduk tidak memerlukan waktu yang lama dalam pembacaannya. M odel student faci litator and e xplaining merupakan model yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kembali kepada siswa lainnya mengenai materi ajar yang telah disampaikan oleh guru melalui bagan atau peta konsep pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan, penul is dan siswa mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan model student facilitator and explaining . Adapun hasil penelitiannya adalah 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen d engan menggunakan model student facilitator and explaining 2) Siswa kelas SMA Pasundan 8 Bandung, mampu menganalisis unsur itrinsik cerpen dengan menggunakan model student facilitator and explaining . Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretes dan postes. Nilai rata - rata pretes yaitu 36,36 sed angkan nilai rata - rata postes 82,9 . Jadi, selisih nilai rata - rata pretes dan postes yaitu 1,87%. Model student facilitator and explaining sangat efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran menganalisis unsur intr insik cerpen . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 14,45 t tabel sebesar 0,13 pada tingkat kepercayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa model student facilitator an d explaining ini tepat digunakan dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung, k arena dapat melatih siswa untuk meningkatkan sumber kecerdasannya dan cara belajar menuju lebih baik dan khususnya pada saat menganalisis cerpen . Kata Kunci : Pembelajaran, menganalisis , unsur intrinsik , cerita pendek , model , student facilitator and expla ining