IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA HUBUNGANNYA DENGAN METAKOGNISI SISWA

Main Author: Rosid Bahar, NPM.138060108
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/1778/1/ABSTRAK.docx
http://repository.unpas.ac.id/1778/2/daftar%20pustaka%20tesis.rtf
http://repository.unpas.ac.id/1778/3/BAB%201.rtf
http://repository.unpas.ac.id/1778/4/BAB%202.rtf
http://repository.unpas.ac.id/1778/
Daftar Isi:
  • Kemampuan koneksi merupakan metakognisi yang dapat dikontrol dari tingkah lakunya. Pengontrolan tersebut akan menyadari kelebihan, kekurangan, dan keterampilan dalam proses pembelajaran, sehingga dari hal tersebut akan terciptanya suatu koneksi yang didapat oleh siswa. Metode Pembelajaran Braisnstorming bertujuan untuk siswa mengembangkan kreatif dan lebih menumbuhkan rasa kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapatnya sehigga siswa lebih menghasilkan kualitas dan kuantitas ide yang lebih tinggi, sehingga berhubungan secara utuh dengan metakognisi siswa menjadi lebih baik dan terbiasa dalam mengontrol dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah peningkatan kemampuan koneksi yang lebih baik antara siswa yang mendapatkan metode Brainstorming dengan siswa yang mendapatkan metode konvensional serta hubungannya metakognisi siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematika, angket metakognisi, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian siswa Kelas VII A MTs Al-Masthuriyah dan VII B MTs Al-Masthuriyah Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan metode Mix Methode dengan tipe The Explanatory Sequental. Hasil penelitian adalah : 1) peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode Brainstorming lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode Konvensional; 2) kategori peningkatan kemampuan koneksi matematika untuk siswa yang mendapatkan perlakuan dan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan itu termasuk kategori tinggi; 3) metakognisi siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode Brainstorming lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode Konvensional 4) terdapat hubungan antara kemampuan koneksi matematika dengan metakognisi siswa Kata Kunci : Metode Brainstorming, Kemampuan Koneksi Matematika dan Metakognisi.