ctrlnum 15887
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15887/</relation><title>PERANAN KARANG TARUNA DALAM MEMBINA&#xD; KEPRIBADIAN &#xD; YANG PARTISIPATIF DI MASYARAKAT &#xD; ( Studi Deskriptif Terhadap Karang Taruna Desa. Soreang Kecamatan.&#xD; Soreang Kabupaten Bandung )</title><creator>Endang Ahmad, 125010024</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Organisasi Kepemudaan Karang Taruna merupakan pilar partisipasi&#xD; masyarakat sebagai wadah pembinaan, pembangunan dan pengembangan generasi&#xD; muda. Karang Taruna memberikan wewenang dan tanggung jawab bagi anggota&#xD; melalui berbagai kegiatan di masyarakat guna meningkatkan dan membina&#xD; partisipasi pemuda serta mengembangkan potensi generasi muda agar mampu&#xD; melakukan hal positif di masyarakat sebagai bentuk partisipasi pemuda dalam&#xD; kehidupan bermasyarakat.Batasan masalah dalam penelitian ini adalah (1)&#xD; Bagaimana metode Karang Taruna dalam membina partisipasi pemuda di&#xD; masyarakat?(2) Apa yang menjadi kendala yang dihadapi Karang Taruna dalam&#xD; membina pemuda agar memiliki pribadi yang partisipatif di masyarakat?(3)&#xD; Bagaimana upaya Karang Taruna dalam membina pemuda agar memiliki pribadi&#xD; yang partisipatif di masyarakat?(4) Bagaimana partispasi pemuda setelah dibina&#xD; Karang Taruna dalam kegiatan di masyarakat?Metode dalam penelitian ini&#xD; menggunakan pendekatan Kualitatif dengan penelitian yang bersifat Studi Kasus.&#xD; Karenanya penulis bertujuan untuk memahami objek yang ditelitinya. Rancangan&#xD; pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi,&#xD; wawancara, dan Studi Dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Metode Karana Taruna Dalam&#xD; Membina Kepribadian yang Partisipatif di Masyarakat dengan cara komunikasi&#xD; persuasif dn interaktif kepada masyarakat sehingga msyarakat mengetahui tugas&#xD; dan fungsi karang taruna dan melakukan program program kerja yang membantu&#xD; masyarakat. (2) Kendala yang di hadapi dalam membina kepribadian yang&#xD; partisipatif di masyarakat adalah peran pemuda sekarang ini sungguh sangat&#xD; memprihatinkan, banyak pemuda sekarang yang jarang bersosialisasi dengan&#xD; lingkungan masyarakat dan kurangnya kesadaran minimnya wawasan kebangsaan,&#xD; kebhinekkaan, dan penerapan nilai-nilai pancasila membuat komplit permasalahan&#xD; di kalangan pemuda. (3) Upaya Karang Taruna dalam Membina Kepribadian yang&#xD; partisipatif di masyarakat adalah mengupayakan kegiatan yang berhubungan&#xD; dengan kepemudaan agar pemuda mau ikut serta dalam kegiatan Karang Tarunya,&#xD; serta Upaya karang taruna dalam membina pemuda dengan mengadakan pelatihan&#xD; untuk anggotanya dan mengikuti pelatihan yang diadakan karan taruna kabupaten&#xD; yang diikuti seluruh karang Taruna Tingkat desa. (4) partisipasi pemuda terhadap&#xD; karang taruna dalam membina kepribadian yang partisipatif di masyarakat yaitu&#xD; masih naik turun dikarenakan kesibukan pribadi masing masing, belum tersadar&#xD; bahwa pemuda adalah generasi penerus bangsa dan negara maka dari itu diharapkan&#xD; pemuda lebih bisa bersosialisasi kepada masyarakat karena pemuda adalah&#xD; regenerasi penerus majunya tonggak pemimpin di bangsa ini. &#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci: Karang Taruna, Kepribadian dan Parisipatif</description><date>2017-02-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15887/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15887/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15887/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15887/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15887/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15887/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15887/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15887/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15887/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Endang Ahmad, 125010024 (2017) PERANAN KARANG TARUNA DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN YANG PARTISIPATIF DI MASYARAKAT ( Studi Deskriptif Terhadap Karang Taruna Desa. Soreang Kecamatan. Soreang Kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15887</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Endang Ahmad, 125010024
title PERANAN KARANG TARUNA DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN YANG PARTISIPATIF DI MASYARAKAT ( Studi Deskriptif Terhadap Karang Taruna Desa. Soreang Kecamatan. Soreang Kabupaten Bandung )
publishDate 2017
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/15887/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15887/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15887/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15887/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15887/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15887/6/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15887/7/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15887/8/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15887/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15887/
contents Organisasi Kepemudaan Karang Taruna merupakan pilar partisipasi masyarakat sebagai wadah pembinaan, pembangunan dan pengembangan generasi muda. Karang Taruna memberikan wewenang dan tanggung jawab bagi anggota melalui berbagai kegiatan di masyarakat guna meningkatkan dan membina partisipasi pemuda serta mengembangkan potensi generasi muda agar mampu melakukan hal positif di masyarakat sebagai bentuk partisipasi pemuda dalam kehidupan bermasyarakat.Batasan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode Karang Taruna dalam membina partisipasi pemuda di masyarakat?(2) Apa yang menjadi kendala yang dihadapi Karang Taruna dalam membina pemuda agar memiliki pribadi yang partisipatif di masyarakat?(3) Bagaimana upaya Karang Taruna dalam membina pemuda agar memiliki pribadi yang partisipatif di masyarakat?(4) Bagaimana partispasi pemuda setelah dibina Karang Taruna dalam kegiatan di masyarakat?Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan penelitian yang bersifat Studi Kasus. Karenanya penulis bertujuan untuk memahami objek yang ditelitinya. Rancangan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi, wawancara, dan Studi Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Metode Karana Taruna Dalam Membina Kepribadian yang Partisipatif di Masyarakat dengan cara komunikasi persuasif dn interaktif kepada masyarakat sehingga msyarakat mengetahui tugas dan fungsi karang taruna dan melakukan program program kerja yang membantu masyarakat. (2) Kendala yang di hadapi dalam membina kepribadian yang partisipatif di masyarakat adalah peran pemuda sekarang ini sungguh sangat memprihatinkan, banyak pemuda sekarang yang jarang bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat dan kurangnya kesadaran minimnya wawasan kebangsaan, kebhinekkaan, dan penerapan nilai-nilai pancasila membuat komplit permasalahan di kalangan pemuda. (3) Upaya Karang Taruna dalam Membina Kepribadian yang partisipatif di masyarakat adalah mengupayakan kegiatan yang berhubungan dengan kepemudaan agar pemuda mau ikut serta dalam kegiatan Karang Tarunya, serta Upaya karang taruna dalam membina pemuda dengan mengadakan pelatihan untuk anggotanya dan mengikuti pelatihan yang diadakan karan taruna kabupaten yang diikuti seluruh karang Taruna Tingkat desa. (4) partisipasi pemuda terhadap karang taruna dalam membina kepribadian yang partisipatif di masyarakat yaitu masih naik turun dikarenakan kesibukan pribadi masing masing, belum tersadar bahwa pemuda adalah generasi penerus bangsa dan negara maka dari itu diharapkan pemuda lebih bisa bersosialisasi kepada masyarakat karena pemuda adalah regenerasi penerus majunya tonggak pemimpin di bangsa ini. Kata kunci: Karang Taruna, Kepribadian dan Parisipatif
id IOS3183.15887
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-02-17T14:30:52Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:46Z
recordtype dc
_version_ 1766044909628817408
score 17.538404