PENGARUH PEOPLE DAN PROCESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA KURIR DI KANTOR POS ASIA AFRIKA BANDUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi People, Process dan Kepuasan Pelanggan, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel People dan Process terhadap Kepuasan Pelanggan baik secara simultan maupun secara parsial di Kantor Pos Asia Afrika Bandung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 pelanggan yang berasal dari jumlah rata-rata pelanggan per bulan yang datang ke Kantor Pos Asia Afrika Bandung, dari total populasi berjumlah 27.611 pelanggan. . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi simultan dan parsial, serta uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik untuk mengetahui ketepatan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa People yang terdapat di Kantor Pos Asia Afrika Bandung termasuk kategori cukup, mengenai Process secara umum responden menyatakan dalam kategori cukup, dan Kepuasan Pelanggan berada pada kategori cukup. People dan Process secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Secara simultan pengaruhnya adalah 42,5% dan sisanya 57,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel yang berpengaruh dominan adalah Process. Kata Kunci : People, Process, dan Kepuasan Pelanggan