ctrlnum 15532
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15532/</relation><title>PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DAGANG&#xD; DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING&#xD; PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI&#xD; TAHUN PELAJARAN 2015-2016</title><creator>Mirna Nurmalia, 125030129</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Menulis merupakan aktifitas alternatif untuk menangkap ide, gagasan, atau&#xD; pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagian besar orang,&#xD; membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang dibaca&#xD; dapat menambah wawasan yang luas. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan&#xD; penelitian yang berjudul &#x201C;Pembelajaran Menulis Surat Dagang dengan menggunakan&#xD; Model Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi&#x201D;.&#xD; Permasalahan penelitian dalam hal ini sebagai berikut. (1) Mampukah&#xD; penulis melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas XI&#xD; SMA Pasundan 1 Cimahi dengan menggunakan model mind mapping? (2)&#xD; Mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran&#xD; menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping? (3) Efektifkah&#xD; model mind mapping pada pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas&#xD; XI SMA Pasundan 1 Cimahi?&#xD; Hipotesis yang penulis rumuskan sebagai berikut. (1) Penulis mampu&#xD; melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan menggunakan model&#xD; mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimah. (2) siswa kelas XI&#xD; mampu menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping. (3)&#xD; model mind mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat dagang&#xD; pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi.&#xD; Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan,&#xD; penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut.&#xD; 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan&#xD; menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1&#xD; Cimahi. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam&#xD; persiapan pembelajaran mendapat nilai 3,57 dengan kategori sangat baik.&#xD; 2. Siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis surat dagang dengan&#xD; menggunakan model mind mapping Hal ini terbukti pada hasil nilai rata-rata&#xD; pretes sebesar 29,8 dan nilai rata-rata postes 62. Peningkatan sebesar 32,2. Jadi,&#xD; selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 32,2.&#xD; 3. Model Mind Mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat&#xD; dagang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung&#xD; sebesar 15,96 ttabel 2,06 dengan tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5%&#xD; dan derajat kebebasan 29.&#xD; Dengan demikan penulis menyimpulkan pembelajaraan menulis surat&#xD; dgang dengan menggunakan model mind mapping menunjang keberhasian.&#xD; Kata kunci : pembelajaran, menulis, surat dagang, mind mapping</description><date>2017-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/2/7.%20ABSTRAAK%20-%20INDONESIA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/3/Bab%201%20siap%20print.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/4/BAB%202%20PRINT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/5/BAB%20III%20PRINT%20FIX.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/6/BAB%20IV%20print.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/8/8.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/9/DAFTAR%20PUSTAKA%20FIX.pdf</identifier><identifier> Mirna Nurmalia, 125030129 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DAGANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15532</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mirna Nurmalia, 125030129
title PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DAGANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015-2016
publishDate 2017
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/15532/1/cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15532/2/7.%20ABSTRAAK%20-%20INDONESIA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15532/3/Bab%201%20siap%20print.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15532/4/BAB%202%20PRINT.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15532/5/BAB%20III%20PRINT%20FIX.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15532/6/BAB%20IV%20print.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15532/7/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15532/8/8.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15532/9/DAFTAR%20PUSTAKA%20FIX.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15532/
contents Menulis merupakan aktifitas alternatif untuk menangkap ide, gagasan, atau pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagian besar orang, membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang dibaca dapat menambah wawasan yang luas. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menulis Surat Dagang dengan menggunakan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi”. Permasalahan penelitian dalam hal ini sebagai berikut. (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi dengan menggunakan model mind mapping? (2) Mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping? (3) Efektifkah model mind mapping pada pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi? Hipotesis yang penulis rumuskan sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimah. (2) siswa kelas XI mampu menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping. (3) model mind mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan, penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam persiapan pembelajaran mendapat nilai 3,57 dengan kategori sangat baik. 2. Siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping Hal ini terbukti pada hasil nilai rata-rata pretes sebesar 29,8 dan nilai rata-rata postes 62. Peningkatan sebesar 32,2. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 32,2. 3. Model Mind Mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat dagang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 15,96 ttabel 2,06 dengan tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Dengan demikan penulis menyimpulkan pembelajaraan menulis surat dgang dengan menggunakan model mind mapping menunjang keberhasian. Kata kunci : pembelajaran, menulis, surat dagang, mind mapping
id IOS3183.15532
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-02-17T14:30:42Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:38Z
recordtype dc
_version_ 1766044907708874752
score 17.538404