PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DAGANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015-2016
ctrlnum |
15532 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15532/</relation><title>PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DAGANG
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING
PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI
TAHUN PELAJARAN 2015-2016</title><creator>Mirna Nurmalia, 125030129</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Menulis merupakan aktifitas alternatif untuk menangkap ide, gagasan, atau
pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagian besar orang,
membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang dibaca
dapat menambah wawasan yang luas. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan
penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menulis Surat Dagang dengan menggunakan
Model Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi”.
Permasalahan penelitian dalam hal ini sebagai berikut. (1) Mampukah
penulis melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas XI
SMA Pasundan 1 Cimahi dengan menggunakan model mind mapping? (2)
Mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran
menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping? (3) Efektifkah
model mind mapping pada pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas
XI SMA Pasundan 1 Cimahi?
Hipotesis yang penulis rumuskan sebagai berikut. (1) Penulis mampu
melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan menggunakan model
mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimah. (2) siswa kelas XI
mampu menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping. (3)
model mind mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat dagang
pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi.
Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan,
penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut.
1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan
menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1
Cimahi. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam
persiapan pembelajaran mendapat nilai 3,57 dengan kategori sangat baik.
2. Siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis surat dagang dengan
menggunakan model mind mapping Hal ini terbukti pada hasil nilai rata-rata
pretes sebesar 29,8 dan nilai rata-rata postes 62. Peningkatan sebesar 32,2. Jadi,
selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 32,2.
3. Model Mind Mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat
dagang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung
sebesar 15,96 ttabel 2,06 dengan tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5%
dan derajat kebebasan 29.
Dengan demikan penulis menyimpulkan pembelajaraan menulis surat
dgang dengan menggunakan model mind mapping menunjang keberhasian.
Kata kunci : pembelajaran, menulis, surat dagang, mind mapping</description><date>2017-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/2/7.%20ABSTRAAK%20-%20INDONESIA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/3/Bab%201%20siap%20print.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/4/BAB%202%20PRINT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/5/BAB%20III%20PRINT%20FIX.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/6/BAB%20IV%20print.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/8/8.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15532/9/DAFTAR%20PUSTAKA%20FIX.pdf</identifier><identifier> Mirna Nurmalia, 125030129 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DAGANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15532</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mirna Nurmalia, 125030129 |
title |
PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DAGANG
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING
PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI
TAHUN PELAJARAN 2015-2016 |
publishDate |
2017 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/15532/1/cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/15532/2/7.%20ABSTRAAK%20-%20INDONESIA.pdf http://repository.unpas.ac.id/15532/3/Bab%201%20siap%20print.pdf http://repository.unpas.ac.id/15532/4/BAB%202%20PRINT.pdf http://repository.unpas.ac.id/15532/5/BAB%20III%20PRINT%20FIX.pdf http://repository.unpas.ac.id/15532/6/BAB%20IV%20print.pdf http://repository.unpas.ac.id/15532/7/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/15532/8/8.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unpas.ac.id/15532/9/DAFTAR%20PUSTAKA%20FIX.pdf http://repository.unpas.ac.id/15532/ |
contents |
Menulis merupakan aktifitas alternatif untuk menangkap ide, gagasan, atau
pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagian besar orang,
membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang dibaca
dapat menambah wawasan yang luas. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan
penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menulis Surat Dagang dengan menggunakan
Model Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi”.
Permasalahan penelitian dalam hal ini sebagai berikut. (1) Mampukah
penulis melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas XI
SMA Pasundan 1 Cimahi dengan menggunakan model mind mapping? (2)
Mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran
menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping? (3) Efektifkah
model mind mapping pada pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas
XI SMA Pasundan 1 Cimahi?
Hipotesis yang penulis rumuskan sebagai berikut. (1) Penulis mampu
melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan menggunakan model
mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimah. (2) siswa kelas XI
mampu menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping. (3)
model mind mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat dagang
pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi.
Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan,
penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut.
1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan
menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1
Cimahi. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam
persiapan pembelajaran mendapat nilai 3,57 dengan kategori sangat baik.
2. Siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis surat dagang dengan
menggunakan model mind mapping Hal ini terbukti pada hasil nilai rata-rata
pretes sebesar 29,8 dan nilai rata-rata postes 62. Peningkatan sebesar 32,2. Jadi,
selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 32,2.
3. Model Mind Mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat
dagang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung
sebesar 15,96 ttabel 2,06 dengan tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5%
dan derajat kebebasan 29.
Dengan demikan penulis menyimpulkan pembelajaraan menulis surat
dgang dengan menggunakan model mind mapping menunjang keberhasian.
Kata kunci : pembelajaran, menulis, surat dagang, mind mapping |
id |
IOS3183.15532 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2017-02-17T14:30:42Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:38Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044907708874752 |
score |
17.538404 |